• Selasa, 24 Mei 2022

Jangan Terburu-buru Melempar Naskah ke Penerbit! Simak Kiat Membuat Naskahmu Makin Kece

- Minggu, 16 Januari 2022 | 07:59 WIB
Ilustrasi (Sekar_Mayang)
Ilustrasi (Sekar_Mayang)

 

KLIKANGGARAN--Sudah menyelesaikan naskah novel yang sejak bertahun lalu digarap? Selamat! Kalian sudah satu langkah menuju ketenaran sebagai penulis fiksi jempolan. Dapat berapa puluh ribu kata? Lima puluh ribu? Enam puluh ribu? Yang pasti bukan dua ribu kata, ya. Sebab, itu bukan novel, tetapi sambatan di media sosial.

Nah, sebelum menggarap, tentu kalian sudah punya bayangan akan diapakan naskah novel yang sudah selesai itu. Apakah akan diposkan secara bersambung di blog pribadi? Apakah akan dicoba dilempar ke penerbit tertentu? Atau, apakah akan dibiarkan saja dan menjadi kenangan?

Apa pun itu, ada kiat-kiat tertentu untuk mengelola naskah yang baru saja kalian selesaikan. Dan kiat-kiat ini sejatinya berlaku umum. Jadi, tidak hanya untuk naskah novel, tetapi bisa untuk segala jenis tulisan yang memang dimaksudkan untuk publikasi secara luas.

Tentunya artikel serupa sudah banyak diterbitkan. Membuktikan betapa pentingnya kiat-kiat ini demi menghasilkan tulisan yang berkualitas. Apa saja kiatnya? Mari kita simak.

Baca Juga: Mengapa Ubedilah Badrun Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK?

Pertama, endapkan naskah.

Setelah beberapa waktu berjibaku menyelesaikan naskah, kita berhak untuk istirahat. Bukan hanya tubuh yang butuh rehat, tetapi juga otak. Menggarap novel tentu tidak seperti mengerjakan hal lain seperti memasak atau berkebun. Menulis adalah pekerjaan otak. Maka, dalam sesi pengendapan ini, diharap otak mendapat istirahat cukup.

Bagaimana cara mengistirahatkan otak? Ya, ini bukan berarti tidak memakai otak sama sekali untuk berpikir. Hanya saja, otak perlu penyegaran. Kita hanya perlu memikirkan hal lain yang tidak terkait dengan naskah yang kita garap.

Yang punya hobi menonton film, bolehlah maraton mengunyah dua atau tiga film dalam satu hari. Yang punya hobi membaca, silakan lanjutkan bacaan apa pun yang sebelumnya sempat tertunda demi menyelesaikan naskah. Atau, yang punya hobi memasak, bisa kembali mengulik resep sesuai dengan selera. Intinya, lakukan apa pun yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dilema Puan Menjadi Presiden

Kamis, 21 April 2022 | 04:39 WIB

Kios SIAPkerja (Kasus BPVP Kabupaten Sidoarjo)

Rabu, 13 April 2022 | 13:33 WIB

Konsep Frasa Crazy Rich dan Orang Kaya

Selasa, 29 Maret 2022 | 16:48 WIB

Mandalika dan Penciptaan Lapangan Kerja

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:06 WIB

Berkawan Akrab dengan Kehilangan

Rabu, 23 Maret 2022 | 08:14 WIB
X