• Sabtu, 25 Juni 2022

Mengenal Sosok Danjen Kopassus yang baru: Sang "Pam Pam" Puncaki Korp Baret Merah

- Sabtu, 9 April 2022 | 19:29 WIB
Egy Massadiah (penulis) dan Mayjen TNI Iwan Setiawan, Danjen Kopassus yang baru menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono (Dok/Egy Massadiah)
Egy Massadiah (penulis) dan Mayjen TNI Iwan Setiawan, Danjen Kopassus yang baru menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono (Dok/Egy Massadiah)

 

KLIKANGGARAN - Pendaki Mount Everest itu, kini memuncaki satuan korp baret merah, sebagai Danjen Kopassus.

Mayjen TNI Iwan Setiawan ditunjuk menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI-AD. Ia menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono yang ditugaskan menjadi Panglima Kodam IV/Diponegoro.

Saya menyimpan sejumlah ingatan, dalam kurun ruang dan masa berbeda beda, sejak Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan berpangkat Letda.

Jika ditarik garis waktu, terbilang panjang, nyaris mendekati 30 tahun. Sama panjangnya dengan jalan persahabatan yang terjalin dengan teman-teman seangkatannya, antara lain Letjen TNI Maruli Simanjuntak (Pangkostrad), Mayjen TNI Richard Tampubolon (Pangdam XVI/Pattimura), Mayjen TNI Aswardi (BIN) dan lain-lain.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Dapat Jabatan Lagi dari Jokowi, Iwan Sumule Sampaikan Ini

Kala itu, mereka (kebanyakan Akmil 92) acap nongkrong di tempat tinggal saya di bilangan Cinere, Depok. Mereka masih berpangkat Letnan Dua. Ya, tak lama setelah keluar dari kawah candradimuka Lembah Tidar.

Persahabatan saya dengan Iwan dan teman-temannya (hampir semua Akmil 90, 91, 92, 93,94 yang berada di Korps Baret Merah), tak lepas dari “Aju factor”.

Aju adalah sapaan akrab Andi Sirajuddin Kube Dauda. Aju pernah menjadi bagian dari Sat 81 Gultor Kopassus serta sejumlah penugasan di Timor Leste dan Aceh.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: opini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

23 Juni 2022, UTBK dan Masa Depan NU

Kamis, 23 Juni 2022 | 08:22 WIB

Dilema Puan Menjadi Presiden

Kamis, 21 April 2022 | 04:39 WIB

Kios SIAPkerja (Kasus BPVP Kabupaten Sidoarjo)

Rabu, 13 April 2022 | 13:33 WIB

Konsep Frasa Crazy Rich dan Orang Kaya

Selasa, 29 Maret 2022 | 16:48 WIB

Mandalika dan Penciptaan Lapangan Kerja

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:06 WIB
X