• Selasa, 24 Mei 2022

Pastikan Desain Terbaik Bimtek Saksi Partai Politik di Pemilu 2024, Bawaslu Gelar Kegiatan Evaluasi

- Senin, 13 Desember 2021 | 18:11 WIB
Bawaslu Gelar Kegiatan Evaluasi (Dok.klikanggaran.com/Melia)
Bawaslu Gelar Kegiatan Evaluasi (Dok.klikanggaran.com/Melia)

KLIKANGGARAN - Usai sudah kegiatan evaluasi dan refleksi bimbingan teknis saksi partai politik tahap 1 di Lombok yang digelar Bawaslu RI. Kegiatan ini melibatkan internal Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, dan perwakilan saksi partai politik.

Bawaslu gelar kegiatan tahap 2, dalam kegiatan Evaluasi Pelatihan Saksi Partai Politik Tahap 2 ini Bawaslu RI mengharapkan adanya feedback positif dari para peserta kegiatan. Kegiatan Evaluasi Pelatihan Saksi Peserta Pemilu digelar di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, Senin 13 Desember 2021 dihadiri oleh Bawaslu Provinsi (Koordiv SDM), Bawaslu Kabupaten/Kota (Koordiv SDM) dan Panwascam perwakilan pada tiap-tiap Kabupaten/Kota.

Masukan atas hal-hal yang menjadi hambatan saat bimtek saksi parpol dilaksanakan antara lain peserta bimtek yang terdata pada masing-masing parpol tidak menghadiri bimtek sebagian besar. Padahal fasilitas yang telah disiapkan Bawaslu terkait pelaksanaan bimtek menjadi mubazir. Distribusi buku saku bimtek tidak terdistribusi secara maksimal.

Baca Juga: Cerita Mistis di Puncak Senja, Berbagi Pengalaman Memanggil Arwah

Harapan atas desain pelatihan saksi yang baik pada pemilu 2024 kedepan diharapkan dapat diwujudkan usai giat ini. Konsep pelatihan saksi partai politik yang direkomendasikan dan disampaikan dalam perencanaan pelatihan saksi partai politik menjadi salah satu unsur yang akan mempengaruhi bagaimana desain bimtek saksi parpol ke depan.

Urgensi lainya terkait dengan pentingnya pelaksanaan bimbingan saksi partai politik memastikan hal-hal berikut antara lain:

1. Apakah saksi benar berasal dari kader partai,

2. Pada hari pemungutan suara saksi dipastikan membawa mandat,

3. Jumlah relawan saksi yang cenderung kecil dapat ditingkatkan,

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dilema Puan Menjadi Presiden

Kamis, 21 April 2022 | 04:39 WIB

Kios SIAPkerja (Kasus BPVP Kabupaten Sidoarjo)

Rabu, 13 April 2022 | 13:33 WIB

Konsep Frasa Crazy Rich dan Orang Kaya

Selasa, 29 Maret 2022 | 16:48 WIB

Mandalika dan Penciptaan Lapangan Kerja

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:06 WIB

Berkawan Akrab dengan Kehilangan

Rabu, 23 Maret 2022 | 08:14 WIB
X