• Selasa, 25 Januari 2022

Bawaslu Jakarta Barat Adakan Pembinaan Penyelesaian Sengketa Pemilu/Pemilihan

- Kamis, 18 November 2021 | 14:17 WIB
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat mengadakan kegiatan Pembinaan Penyelesaian Sengketa Pemilu (Bawaslu Jakbar)
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat mengadakan kegiatan Pembinaan Penyelesaian Sengketa Pemilu (Bawaslu Jakbar)

KLIKANGGARAN--Memasuki tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat mengadakan kegiatan Pembinaan Penyelesaian Sengketa Pemilu/Pemilihan.

Kegiatan Pembinaan Penyelesaian Sengketa Pemilu/Pemilihan ini dilaksanakan pada Kamis, (18/11/21) bertempat di Sekretariat Bawaslu Jakarta Barat.

Kegiatan Pembinaan Penyelesaian Sengketa Pemilu/Pemilihan ini dihadiri langsung oleh Mahyudin, Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Provinsi DKI Jakarta beserta Ketua, Anggota, Koordinator Sekretariat, Bendahara dan seluruh staf Bawaslu Jakarta Barat.

Kegiatan Pembinaan Penyelesaian Sengketa Pemilu/Pemilihan didasarkan pada fakta bahwa di dalam penyelenggaraan pemilu, seringkali diiringi sengketa ketika salah satu pihak tidak puas atas keputusan penyelenggara pemilu.

Baca Juga: Luna Maya Menjadi Ketua RT? Masa Sih? Bukan Hoax Kan? Bukan Prank?

Pada pasal 142 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 disebutkan bahwa Sengketa Pemilihan terdiri atas: sengketa antar peserta Pemilihan dan sengketa antara Peserta Pemilihan dan penyelenggara Pemilihan sebagai akibat dikeluarkannya Keputusan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Oleh sebab itu, perlunya kegiatan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengawas pemilu untuk menjalankan amanat Undang-Undang tersebut, khususnya dalam menangani sengketa Pilkada tahun 2024.

Perlunya pembinaan ini untuk mempersiapkan integritas SDM pengawas pemilu yang akan menjadi pengawas langsung dalam Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Baca Juga: Alasan Para Member BTS Tidak Menggunakan Pesawat Biasa, Bikin Sedih

Mahyudin menerangkan secara singkat bagaimana proses penyelesaian sengketa. Berdasarkan pengalamanya pada Pemilu 2019, Mahyudin mengedepankan persiapan untuk mengawal tahapan verifikasi partai politik.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X