• Sabtu, 25 Juni 2022

Sekilas tentang Palapa Ring di Kemenkominfo, Salah Satu Sumber Pendapatan Negara

- Jumat, 17 Desember 2021 | 16:40 WIB
Proyek Palapa Ring di Kemenkominfo (Dok.kominfo.go.id)
Proyek Palapa Ring di Kemenkominfo (Dok.kominfo.go.id)

KLIKANGGARAN – Untuk diketahui, Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi. Proyek ini berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer.

Proyek Papala Ring itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

Palapa Ring akan mengintegrasikan semua jaringan yang dimiliki operator telekomunikasi maupun instansi Iain. Jaringan ini akan menjadi tumpuan semua penyelenggara dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia.

Melalui Palapa Ring, semua akan terintegrasi dengan jaringan yang telah ada milik penyelenggara telekomunikasi. Akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan sosial ekonomi melalui ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkapasitas besar yang terpadu ini bisa memberikan jaminan kualitas internet. Selain itu, dapat membuat komunikasi menjadi berkualitas tinggi, aman, dan murah.

Baca Juga: Petisi ‘Pecat Semua Dosen Pelaku Pelecehan dan Kekerasan Seksual di UNJ!’ Sudah Sejauh Mana Ya

Pembangunan Palapa Ring dilakukan melalui skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Kerja sama dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu barat, tengah, dan timur.

Skema KPBU yang digunakan untuk pembangunan jaringan Palapa Ring diatur dengan Peraturan Presiden. KPBU adalah kerja sama antara pemerintah dan Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur.

Kerja sama ini untuk kepentingan umum dengan mengacu pada spesiflkasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Menteri/Kepala Lembaga/Kepala Daerah/Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah. Sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha dengan memperhatikan pembagian risiko.

Skema KBPU bertujuan untuk meningkatkan peran serta swasta dalam pendanaan untuk penyediaan infrastruktur dan menciptakan iklim investasi yang sehat serta memberikan kepastian pengembalian investasi.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X