• Selasa, 16 Agustus 2022

Tak Ada Koordinasi dalam Penyediaan Satelit di Kemenkominfo, Uang Negara Boros Sebesar Rp98,2 M

- Senin, 22 November 2021 | 14:55 WIB
Kemenkominfo dalam kegiatan penyediaan kapasitas satelit komunikasi (Dok.kominfo.go.id)
Kemenkominfo dalam kegiatan penyediaan kapasitas satelit komunikasi (Dok.kominfo.go.id)

KLIKANGGARAN – Kemenkominfo melalui BAKTI pada tahun 2019 melaksanakan kegiatan penyediaan kapasitas satelit komunikasi (Leased Capacity).

Penyediaan Leased Capacity merupakan upaya Kemenkominfo BAKTI untuk menyediakan kapasitas satelit lebih awal sambil menunggu konstruksi proyek KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah (SATRIA).

Proses pelelangan penyediaan kapasitas satelit telekomunikasi Kemenkominfo BAKTI ini sudah dimulai sejak September 2018 dan selesai pada November 2018. Untuk pekerjaan ini telah ditetapkan lima penyedia sebagai pemenang lelang.

Selanjutnya penandatanganan perjanjian kerja sama antara penyedia dengan Kemenkominfo BAKTI baru dilaksanakan pada Januari 2019. Dari uraian dokumen diketahui, tanggal operasional untuk kelima penyedia mengalami perubahan sesuai masing-masing adendum.

Baca Juga: Anda Gandrung Drakor? Orang Korea Itu Jatuh Cinta pada Negeriku!

Hasil pemeriksaan lebih lanjut diketahui, tanggal integrasi AI/BTS pertama melebihi tanggal operasional. Hal ini disebabkan belum siapnya perangkat ground segment yang dibutuhkan untuk mendistribusikan kapasitas satelit.

Hal tersebut sejalan dengan alasan yang digunakan untuk mengubah tanggal operasional dari kelima penyedia tersebut. Perencanaan yang kurang dalam persiapan groundsegfnent adalah penyebab utama dari kondisi yang menyebabkan pemborosan keuangan negara.

Ketidaksiapan perangkat ground segment diperkuat dengan data jumlah perangkat AI/BTS yang terintegrasi pada selama tahun 2019 yang belum maksimal.

Permasalahan tersebut mengakibatkan pemborosan keuangan negara sebesar Rp98.204.096.012 atas penyediaan kapasitas satelit yang tidak dimanfaatkan.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X