• Senin, 17 Januari 2022

Sekilas tentang Pengelolaan Retribusi IMB di Pemkot Bekasi

- Kamis, 2 Desember 2021 | 10:45 WIB
Ilustrasi retribusi Izin Mendirikan Bangunan Pemkot Bekasi (Dok.pexels.com/MichalMarek)
Ilustrasi retribusi Izin Mendirikan Bangunan Pemkot Bekasi (Dok.pexels.com/MichalMarek)

KLIKANGGARAN - Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah perizinan yang diberikan oleh pemerintah daerah dhi Pemkot Bekasi kepada pemohon.

Pemberian izin oleh Pemkot Bekasi antara lain atas pekerjaan mendirikan bangunan, yaitu pekerjaan membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan gedung.

Pemberian izin tentu saja harus sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku di wilayah Pemkot Bekasi.

IMB diberikan oleh Pemkot Bekasi dengan tujuan agar penataan bangunan sesuai dengan tata ruang kota. Selain itu juga untuk menjaga keandalan bangunan, sehingga harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga: Target Pendapatan PT Waskita Karya di Ruas Jalan Tol Becakayu Sulit Tercapai, Ini Sebabnya

Atas jasa dalam menerbitkan izin tersebut, Pemkot Bekasi melakukan pungutan daerah berupa Retribusi IMB. IMB diberikan setelah kewajiban pembayaran retribusi telah dipenuhi oleh pemohon.

Untuk diketahui, subjek retribusi IMB adalah orang pribadi atau badan yang memperoleh IMB dari pemerintah. Objek retribusi IMB adalah pemberian izin dalam kegiatan pembangunan konstruksi bangunan gedung dan bangunan bukan gedung serta prasarana pendukungnya.

Sedangkan wajib retribusi adalah orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan diwajibkan untuk melakukan pembayaran retribusi. Termasuk pemungut atau pemotong retribusi.

Pelaksanaan proses pengelolaan retribusi IMB dapat dijelaskan sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proyek Kemenhub di BTP Jabar Kurang Volume Rp273 Juta

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:38 WIB

Ketua Bawaslu Muratara Diperiksa Terkait Dana Hibah

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:26 WIB
X