• Senin, 23 Mei 2022

DPR Belum Pertanggungjawabkan Rp1,32 T Biaya Penyerapan Aspirasi?

- Kamis, 4 November 2021 | 19:55 WIB
Gedung DPR RI (dok.Parlementaria)
Gedung DPR RI (dok.Parlementaria)


KLIKANGGARAN-- Dalam Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk periode yang berakhir sampai dengan 31 Desember 2019 menyajikan Anggaran Belanja Barang/Jasa sebesar Rp3.840.635.945.000 (3,8 T) dengan nilai realisasi sebesar Rp3.253.469.542.053 atau sebesar 86,56%.

Belanja barang tersebut antara lain digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan wewenang Anggota DPR dalam rangka kegiatan Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Daerah Pemilihan.

Ada dua jenis kegiatan dalam melakukan penyerapan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan, yaitu Kunjungan Kerja Anggota DPR dan Rumah Aspirasi Anggota DPR di daerah pemilihan.

Baca Juga: Jenderal Top AS Ini Mengatakan Dunia Akan Memiliki Tiga Kekuatan Adidaya

Kunjungan kerja Anggota DPR di daerah pemilihan bertujuan untuk menyerap dan menghimpun aspirasi masyarakat (konstituen). Sedangkan, Rumah Aspirasi Anggota DPR bertujuan untuk menampung, memperjuangkan dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat, serta membuka ruang partisipasi publik agar terwujud masyarakat yang berkeadilan sosial.

Klikanggaran menghimpun, jika kedua kegiatan tersebut dilaporkan secara tertulis kepada partai politik selaku pemberi tugas melalui masing-masing fraksi di DPR.

Penggunaan anggaran kegiatan Kunjungan Kerja anggota DPR dalam rangka penyerapan aspirasi masyarakat tahun anggaran 2019 diatur dalam Keputusan Sekjen DPR Nomor 1/SEKJEN/2019 tanggal 2 Januari 2019 yang menyatakan bahwa, biaya kunjungan kerja diberikan kepada Anggota DPR sebesar Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah) untuk setiap pertemuan/rapat.

Baca Juga: Pasangan Fajar/Rian Maju ke Perempat Final Hylo Badminton Open 2021, Fikri/Bagas Kalah

Kunjungan kerja perorangan Anggota DPR sebanyak 6 (enam) kali setiap tahun, dengan ketentuan masing-masing kunjungan kerja paling banyak 7 (tujuh) kali pertemuan/rapat (Kunker Diluar Masa Reses).

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X