• Selasa, 24 Mei 2022

Bimbel sebagai Partner Sekolah, Jangan Dipertentangkan! Bimbel Hanyalah Suplemen, Kok.

- Kamis, 23 September 2021 | 17:22 WIB
Salah satu lokasi belajar bimbel yang cukup ternama di Indonesia (Doc. Klikanggaran)
Salah satu lokasi belajar bimbel yang cukup ternama di Indonesia (Doc. Klikanggaran)

Klikanggaran.com-- Bimbel dan sekolah terkadang dianggap dua hal yang bertentangan. Malah ada yang mengambil kesimpulan bahwa bimbel itu lahir karena kegagalan sekolah. Ini jelas tidak tepat. Bimbel tidak hadir karena sekolah dianggap gagal. Bimbel justru hadir sebagai partner sekolah atau pelengkap atau pendamping sekolah atau bahkan pembantu sekolah dalam rangka mencerdaskan murid-murid sekolah.

Jika dianalogikan, bimbel dan sekolah ibarat “orang tua” dan guru. Bimbel disebut “orang tua” karena bisa membantu PR (pekerjaan rumah) atau tugas murid di luar sekolah. Bimbel mendampingi anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan sekolah. Bimbel juga sekaligus meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran yang disampaikan di sekolah.

Bimbel Membantu Menyelesaikan PR

Dalam konteks ini, bimbel berperan sebagai pendamping siswa untuk menyelesaikan PR-nya. Bukan mengerjakan soal siswa, melainkan membantu siswa menyelesaikan pekerjaannya. Pengajar bimbel menerangkan apa-apa yang siswa tidak paham. Bisa bahasa soalnya, teorinya, opsinya, dan lain-lain yang berhubungan dengan soal.

Siswa mengerjakan PR-nya terlebih dahulu, kemudian pengajar bimbel menerangkan apa yang dikerjakannya sudah tepat atau belum. Kalaupun sudah tepat, apa ada cara yang kurang sesuai atau tidak. Ini secara tidak langsung mengajari siswa mandiri dan terkontrol setiap pekerjaannya.

Bimbel Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Pelajaran

Dengan mengikuti bimbel, siswa mendapat peningkatkan pemahaman terhadap pelajaran. Dari materi yang disampaikan di bimbel atau dari konsultasi siswa dengan guru bimbel, secara langsung atau tidak langsung pemahaman siswa terhadap materi meningkat. Informasi atau materi yang ada di bimbel bisa dianggap penegasan atau pelengkapan materi yang siswa dapat di sekolah.

Terlebih siswa-siswa kelas 12 SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Mereka sangat terbantu oleh bimbel karena di bimbel dijelaskan lebih lengkap lagi soal SBMPTN dan materi-materi yang biasanya diujikan di SBMPTN. Misalnya, materi ejaan dalam bahasa Indonesia, di bimbel materi ini dijelaskan dengan lebih lengkap. Kemudian, materi kalimat efektif dalam bahasa Indonesia. Materi ini juga dijelaskan dengan lengkap di bimbel, termasuk materi-materi bidang studi lain yang biasanya hadir di SBMPTN juga dibahas lebih lengkap di bimbel. Belum lagi materi-materi penjurusan kuliah, seperti perihal seorang siswa dengan hasil TO (Try Out) SBMPTN sekian lebih tepat ke mana jurusannya, dan lain-lain. Ini dijelaskan juga di bimbel. Alhasil, siswa kelas 12 SMA pun merasa terbantu dengan adanya bimbel sebagai persiapan tes masuk PTN.

Bimbel Mengukur Kemampuan Siswa

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dilema Puan Menjadi Presiden

Kamis, 21 April 2022 | 04:39 WIB

Kios SIAPkerja (Kasus BPVP Kabupaten Sidoarjo)

Rabu, 13 April 2022 | 13:33 WIB

Konsep Frasa Crazy Rich dan Orang Kaya

Selasa, 29 Maret 2022 | 16:48 WIB

Mandalika dan Penciptaan Lapangan Kerja

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:06 WIB

Berkawan Akrab dengan Kehilangan

Rabu, 23 Maret 2022 | 08:14 WIB
X