• Selasa, 21 September 2021

Bimbel Nurul Fikri Terapkan Blended Learning, Seperti Apa Sih?

- Selasa, 14 September 2021 | 11:14 WIB
Proses pembelajaran tatap muka  (Doc. Bimbel Nurul Fikri)
Proses pembelajaran tatap muka (Doc. Bimbel Nurul Fikri)

Jakarta, Klikanggaran.com-- Bimbel Nurul Fikri menawarkan pembalajaran dengan menggunakan metode blended learning. Metode pembelajaran ini sudah lama dikenal, tetapi semakin populer pada masa pandemi Covid-19 seiring dengan diberlakukannya berbagai pembatasan kegiatan masyarakat.

Kepopuleran istilah blended learning bisa dilihat ketika kita tanyakan pada Google. Dalam waktu 0,50 detik, si Mbah Serba Tahu itu menyebutkan angka 136 juta di mesin pencahariannya. Tapi, Bimbel Nurul Fikri menerapkan blended learning bukan semata-mata latah atas kepopuleran istilah blended learning.

Namun, Bimbel Nurul Fikri telah melakukan kajian dan studi terkait apa dan bagaimana menerapkan blended learning dalam proses pembelajarannya.

Baca Juga: Inilah Wilayah PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali Periode 14-20 September 2021

Salah satu dasar pemikiran kenapa Bimbel Nurul FIkri menerapkan blended learning adalah belajar dalam kelas dan e-learning atau pembelajaran jarak jauh masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Seperti contoh, kekurangan belajar dalam kelas cenderung terbatas dengan tempat dan waktu, tetapi kelebihannya dengan bertemu guru, para pelajar dapat langsung mendapat feedback dari guru tersebut atas pencapaian yang sudah mereka lakukan.

Begitupun sebaliknya, belajar menggunakan internet memang tidak terbatas tempat dan waktu, tetapi tidak adanya guru yang mendampingi, peserta tidak langsung mendapat feedback dan cendrung mengalami salah pengertian.

"Di sinilah konsep pendidikan secara Blended Learning dibutuhkan. Blended Learning memadukan pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka," kata Priyono, Kepala Subbidang Media Belajar Bimbel Nurul Fikri, kepada Klikanggaran, Selasa (14-9-2021).

Kata Priyono, blended learning bukanlah hal baru di dunia Pendidikan.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Shah Abbas I: Raja Kelima Dinasti Safawi Iran

Minggu, 19 September 2021 | 19:39 WIB

Pengen Bibir Merah Alami Kayak Artis Korea? Gini Caranya

Jumat, 17 September 2021 | 20:33 WIB
X