• Rabu, 27 Oktober 2021

Bimbel Nurul Fikri Kembangkan LMS Sendiri, Yuk Kita Cek Seperti Apa Itu?

- Senin, 6 September 2021 | 10:06 WIB
Dzikra Nur Fadhilah, Salah satu siswa Bimbel Nurul Fikri yang lolos SBMPTN 2021 (Instagram/nurulfikri.lampung)
Dzikra Nur Fadhilah, Salah satu siswa Bimbel Nurul Fikri yang lolos SBMPTN 2021 (Instagram/nurulfikri.lampung)

Jakarta, Klikanggaran-- Bimbel Nurul FIkri, sebagai salah satu bimbel terbesar di Indonesia, mengembangkan sendiri Learning Management System ((LMS) dalam proses pembelajaran di lembaga tersebut.

LMS yang dikembangkan oleh Bimbel Nurul Fikri secara internal disebut sebagai sistem informasi pembelajaran (SIP).

SIP yang dikembang oleh Bimbel Nurul Fikri juga sudah mengintegrasi aktivitas siswa, pengajar, dan orang tua dalam satu waktu. Saat siswa belajar, pengajar dapat memonitor aktivitas siswa di kelas dan juga orangtua dapat melihat hasil belajar anaknya pada hari itu melalui SIP.

Dengan mengembangkan LMS sendiri, Bimbel Nurul Fikri telah memasuki era pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan, atau yang dikenal dengan sebutan e-learning.

Baca Juga: US Open: Petenis Muda Kanada, Leylah Fernades Kembali Membuat Kejutan, Tumbangkan Mantan Juara US Open Lainnya

Kepala Bidang Pendidikan Bimbel Nurul Fikri, Chandra Kusuma, S.Si., mengatakan, "Proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet, itulah yang disebut e-learning. Nah, e-learning mampu mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan keterampilan, yang intinya menekankan penggunaan internet dalam pendidikan."

Chandra Kusuma, S.Si., Kepala Bidang Pendidikan Bimbel Nurul Fikri, saat ditemui dalam sebuah acara (Doc. Kikanggaran/MangInsan)

Sebetulnya, sebelum pandemi, Bimbel Nurul Fikri sudah membuat rintisan pembelajaran dengan menggunakan metode blended learning, yaitu proses pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan live class (secara online).

"Bahkan, untuk kepentingan penerapan blended learning tersebut, Bimbel Nurul FIkri mengembangkan aplikasi LMS," jelas Chandra.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rutinitas Jumat Pagi di SMP Attaqwa 01 Babelan

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 10:04 WIB

Alhamdulillah! Hercules Preman Pensiun Masuk Islam

Selasa, 28 September 2021 | 10:56 WIB
X