• Sabtu, 27 November 2021

Lelang Paket Ini Mengindikasikan Adanya Kejanggalan di ULP Muara Enim?

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:17 WIB
Ilustrasi (@dodi_budiana)
Ilustrasi (@dodi_budiana)

KLIKANGGARAN-- Sejumlah massa yang menamakan dirinya gerakan masyarakat anti korupsi (Garki) melakukan aksi demo di halaman Kejati Sumsel, Jumat (22/10/21). Kedatangan mereka terkait laporannya mengenai lelang proyek di Muara Enim yang telah dilaporkan pada 29 September lalu.

Dalam laporan tersebut, Garki menjelaskan, bahwa terdapat 34 paket proyek yang diumumkan ULP Kabupaten Muara Enim pada 10 September lalu, dimana dalam pengumuman tersebut pada prosesnya ULP sengaja mempercepat jadwal penawaran.

"Apa yang terjadi dilapangan 34 paket proyek ini patut dicurigai kelahiranya karena masih dalam keadaan prematur dan bertentangan dengan LKPP No 12 tahun 2021. Hal ini memantik kecurigaan. Mungkinkah telah terjadi pengkondisian tertentu ataukah lain sebagainya, ujar Mukri salah satu aksi massa dalam orasinya.

Baca Juga: Wagub Jambi, Abdullah Sani: Peringatan Maulid Nabi Menyadarkan Pentingnya Persatuan dan Kesatuan

Lantas, benarkah ada sesuatu kejanggalan dalam proses lelang di ULP Muara Enim?

Jika menelisik Pada pelaksanaan lelang belanja Premi Asuransi Jiwa di Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim tahun 2020 misalnya, ada indikasi ketidak Patuhan pada peraturan perundang-undangan yang ada.

Dimana, pada proses lelang tersebut, ditemukan sejumlah dugaan permasalahan, seperti rating perusahaan asuransi dalam spesifikasi teknis lelang Belanja Premi Asuransi Jiwa tidak digunakan dalam proses lelang, Evaluasi kualifikasi tidak melalui proses pembuktian kualifikasi, serta penetapan pemenang evaluasi teknis menggunakan kriteria spesifikasi teknis.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Canggih VCM Yang Diterapkan Tol Palembang-Indralaya

Adapun Pemenang Belanja Premi Asuransi-Bantuan Santunan Kematian Nomor 08/SPT.60/PBJ.IV/2020 tanggal 20 Mei 2020, pada Dinas Sosial adalah perusahaan PT AIAS dengan harga negosiasi biaya akhir sebesar Rp5.557.411.200,00 untuk pertanggungan premi sebanyak 578.897 jiwa.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CBA Soroti DAK Muratara Tahun 2020, Berdampak Pinalti?

Jumat, 19 November 2021 | 20:48 WIB
X