• Minggu, 5 Desember 2021

Media Internasional Soroti Azan di Jakarta, Yang Kagak-kagak Aja tuh Media

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:52 WIB
Adzan yang merdu (SS Youtube/Ammar TV )
Adzan yang merdu (SS Youtube/Ammar TV )

KLIKANGGARAN-- Azan merupakan panggilan salat fardhu atau wajib bagi umat muslim yang dikumandangkan setiap memasuki lima waktu salat.

Azan dikumandangkan oleh muazin di masjid/langgar/musala/surau. Muazin adalah orang yang bertugas untuk menyerukan azan.

Kumandang azan juga telah diatur oleh Kementerian Agama dalam Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Islam Nomor KEP/D/101/1978 tentang Tuntutan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Langgar, dan Musala.

Selain itu, azan juga disiarkan melalui televisi, radio, dan aplikasi tertentu di ponsel. Kumandang azan bertujuan untuk memberi tahu umat muslim untuk segera menunaikan ibadah salat.

Baca Juga: Potret Tol Linggau-Bengkulu Miliki Terowongan 7 KM Menembus Bukit Barisan

Namun, Media Internasional Agence France-Presse (AFP), agensi berita internasional yang berpusat di Paris, Prancis, menyoroti suara azan di Jakarta, dengan narasumber seorang warga yang menderita gangguan kecemasan terlalu takut untuk komplain.

"Ketakwaan atau gangguan kebisingan? Indonesia mengatasi reaksi volume azan," demikian judul AFP, diunggah Kamis (14/10/2021), sebagaimana dikutip oleh detiknews.com dengan judul "Media Internasional Soroti Suara Azan Jakarta: Ketakwaan atau Kebisingan?".

Narasumber AFP adalah muslimah usia 31 tahun dengan nama samaran Rina, pengidap gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang tidak bisa tidur, mengalami mual untuk makan, dan takut untuk menyuarakan komplain soal suara azan dari masjid di dekat rumahnya.

Baca Juga: Denmark Open 2021: Mampukah Tunggal Putri Indonesia Unjuk Gigi?

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Jaya Akan Menggelar Crowd Free Night

Selasa, 30 November 2021 | 13:37 WIB

Reuni 212 Belum Mendapat Izin dari Polri?

Selasa, 30 November 2021 | 10:52 WIB
X