• Sabtu, 27 November 2021

Pool Modem Alat Canggih yang Dipakai Pinjol Memblast SMS dan Meneror Masyarakat, Waduh tuh Alat

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 21:20 WIB
Ilustrasi: simcard (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi: simcard (Pixabay/Pexels)

KLIKANGGARAN-- Pool modem? Rasanya nama alat itu sangat asing bagi sebagian besar masyarakat kita. Tapi, ternyata alat itu adalah alat khusus yang dipakai pinjaman online (pinjol) dalam melakukan aksi intimidasi.

Pool modem berasal dari China secara khusus dibawa ke Indonesia dan dipakai untuk meneror nasabah dan orang-orang yang konon nomor kontaknya tersimpan dalam handphone nasabah tersebut.

Sebanyak 30 hingga 62 simcard dapat diisikan ke dalam pool modem dan lalu semua akan aktif secara bersamaan. Demikian salah satu kecanggihan pool modem.

Baca Juga: Bupati Muba Tersangka Korupsi, 10% Fee Proyek Dinas PUPR untuk Bupati

Setelah itu, pool modem akan dipakai oleh desk collector untuk memblast SMS berisi tawaran peminjaman uang, bahkan dengan pool modem juga, pinjol memnyebarkan fitnah ke nasabah nomor lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus pada Bareskrim Polri Brigjen Polisi Helmy Santika sebagaimana dilansir oleh Bisnis.com dengan judul "Polri Sebut Pinjol Ilegal pakai Pool Modem untuk Tebar Teror ke Masyarakat. Apa Itu?"

"Alat ini biasa digunakan oleh desk collector untuk mengirim SMS blast ke masyarakat dan menebar teror," tuturnya di Mabes Polri, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Harimau yang Menewaskan Warga yang Mencari Sinyal, Akhirnya Ditangkap Tim Gabungan BKSDA

Helmy menjelaskan bahwa alat Pool Modem itu dibawa langsung oleh buronan berinisial ZJ dari negara asalnya ke Indonesia. Kemudian, buronan ZJ merekrut dan melatih karyawan menggunakan alat tersebut.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X