• Selasa, 25 Januari 2022

Potret Tol Linggau-Bengkulu Miliki Terowongan 7 KM Menembus Bukit Barisan

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:32 WIB
Potret jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu  (dok.Badan Pengatur Jalan Tol PU)
Potret jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu (dok.Badan Pengatur Jalan Tol PU)

KLIKANGGARAN-- Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu yang saat ini tengah dibangun diproyeksikan akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. Jalan Tol tersebut upaya pemerintah melalui Kementerian PUPR untuk meningkatkan konektivitas antar pusat pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera.

Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu memiliki bentang panjang 95,8 Km yang merupakan bagian dari konektivitas Jalan Tol Trans Sumatera.

Uniknya, melansir dari Badan Pengelolaan Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum, ruas Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu akan dilengkapi dengan terowongan sepanjang 7 Km menembus bukit barisan dengan kedalaman maksimal 352 meter.

Baca Juga: Analisis Denmark Open: Jojo Ditantang Pemain India, Anthony Berhadapan Pemain Perancis

Selain itu Tol Lubuk Linggau-Bengkulu juga terdapat jembatan bentang panjang yang membentang di atas lembah dengan ketinggian pilar mencapai 45-90 meter.

Setelah tol Lubuk Linggau-Bengkulu ini beroperasi nantinya, pengendara hanya menempuh waktu 1-2 jam perjalanan saja dari Lubuk Linggau untuk mencapai Kota Bengkulu.

Kondisi Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu terbagi menjadi 3 Seksi, yaitu Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 Km), Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 Km), dan Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu (17,6 Km).

Baca Juga: Anthony Ginting, Jonatan Christie dan kawan-kawan hari ini Mulai Tanding di Denmark Open 2021

Saat ini progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu ruas Taba Penanjung - Bengkulu sepanjang 17,6 Km telah mencapai 84,62%. Ditargetkan akhir tahun 2021 akan selesai konstruksinya dan selanjutnya dapat dioperasikan.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Badan Pengelolaan Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nitizen Mencari Akun Istri Ganjar Pranowo, Kenapa ya?

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:50 WIB

Gempa Bumi Sulut dengan Magnitudo sebesar 6.1

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:46 WIB
X