• Minggu, 5 Desember 2021

Cari Duit, Motif Utama Aktual TV Unggah Konten Provokatif, Sudah Dapat Rp2 Miliar

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:53 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Henki Haryadi (Screenshot konferensi pers virtual Polda Metro Jaya)
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Henki Haryadi (Screenshot konferensi pers virtual Polda Metro Jaya)


KLIKANGGARAN-Motif utama pengelola Aktual TV menyebarkan konten provokatif, adu domba, bermuatan SARA adalah untuk mencari uang dari AdSense atau iklan yang disediakan oleh YouTube.


Selama delapan bulan, pengelola Aktual TV mengunggah konten provatif, bernuasa SARA, mengadu domba, sudah mendapatkan AdSense Rp1,8 – Rp2 miliar atau tiap bulan di atas Rp200 juta.


Motif pengelola Aktual TV tersebut diungkapkan oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Hengki Haryadi saat memberikan keterangan di Mapolda Metro Jaya, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Lagi, KPK Panggil Anggota DPRD Muara Enim, Sudah 18 Saksi yang Diperiksa


“Yang cukup memprihatinkan, dari hasil pemeriksaan kami, mereka ternyata meng-upload konten konten provaktif ini, dengan tujuan materi. Dalam kurun waktu 8 bulan, mereka mendapatkan AdSense YouTube itu kurang lebih Rp1,8 – Rp2 Miliar” jelas Kombes Hengki Haryadi.


Polisi menetapkan pengelola Aktual TV menjadi tersangka. Mereka adalah Arief Zaenurahman (AZ) sebagai pemilik chanel Aktual TV, Muzamil (M) sebagai pengelola chanel, editor dan uploader atau pengunggah konten dan Ahmad Fandi (AF) pengisi suara konten.


Selama delapan bulan chanel itu ada, sudah 765 konten yang diunggah. Sebagian besar berisi konten-konten provakatif yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga: Kekuatan Militer Indonsia Berada di Peringkat 1 ASEAN, Bukti Kinerja Menhan Prabowo?


Kombes Pol Hengki Haryadi menyebut yang dilakukan para tersangka adalah adu domba di era digital dengan tujuan mencari keuntungan pribadi.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: konferensi pers Polda Metro jaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Jaya Akan Menggelar Crowd Free Night

Selasa, 30 November 2021 | 13:37 WIB

Reuni 212 Belum Mendapat Izin dari Polri?

Selasa, 30 November 2021 | 10:52 WIB
X