• Rabu, 1 Desember 2021

K-MAKI: Ada Apa dengan Kisruh Holding PT Pupuk Indonesia

- Kamis, 25 November 2021 | 16:09 WIB
Aktivis antikorupsi Sumsel, Ir Feri Kurniawan (Dok.Klikanggaran.com/BudiS)
Aktivis antikorupsi Sumsel, Ir Feri Kurniawan (Dok.Klikanggaran.com/BudiS)

KLIKANGGARAN-- Komunitas Masyarakat Anti Korupsi Independen (KMAKI) menyoroti kisruh Holding PT Pupuk Indonesia yang tak pernah usai dan terkesan mengungkap dugaan adanya ketidakberesan dalam manajemen PT Pupuk Indonesia.

"Sampai saat ini belum jelas proses hukum di Kejaksaan RI terkait dugaan korupsi ekspor pupuk di bawah harga ambang batas bawah atau COGS atau HPP", ujar Koordinator K-MAKI, Bony Bolitong.

Hal yang sama diungkapkan, Deputy K MAKI, Ir Feri Kurniawan. Dia menambahkan khawatir ekspor pupuk di bawah harga COGS dan merugikan Holding Pupuk Indonesia bukan hanya terjadi di PT Pusri tapi juga pada anak-anak perusahaan holding seperti di Pupuk Iskandar Muda, Kaltim dll.

"Sehingga kalau diakumulasikan mencapai triliunan rupiah", kata Deputy K-MAKI, Ir Feri Kurniawan dalam keterangannya diterima klikanggaran.com, Kamis, 25 November 2021.

Baca Juga: Kata KPK, jika Kepala Daerah Tersandung Korupsi, Inspektorat Mesti Bertanggung Jawab

Lanjut Fery, hal ini mungkin sudah terjadi beberapa tahun dan mungkin saja berdampak pada harga pupuk subsidi yang naik lebih dari 100%. Perkara dugaan korupsi di Bank Sumsel Babel mungkin juga dampak dugaan ketidakberesan manajemen anak usaha Holding Pupuk Indonesia.

"Direktur Keuangan BUMN PT Pupuk Indonesia Listiarini Dewajanti dikabarkan mengundurkan diri. Alasannya karena ingin berkiprah di masyarakat. Namun alasan ini terkesan klise yang diduga untuk menutupi ketidakberesan manajemen Holding Pupuk Indonesia," Fery menilai.

Dugaan korupsi pada Bank Sumsel Babel terkait PT Rekind yang diduga ingkar janji dengan sub kontraktor PT Gatramas Internusa (PT GI) dan akibatnya Komisaris PT Gatramas Internusa Agustinus Judianto terhukum 8 tahun dan denda 13,4 miliar pada putusan kasasi.

Baca Juga: Dugaan Korupsi di BUMD Kota Palembang Tengah Disorot KPK?

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rilis KMAKI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X