• Rabu, 8 Desember 2021

MAKI Sumsel Bakal Laporkan Dugaan Korupsi Pekerjaan Jalan Kerengak

- Senin, 22 November 2021 | 15:50 WIB
Jalan Kerengak (Dok.Klikanggaran.com/Iyan)
Jalan Kerengak (Dok.Klikanggaran.com/Iyan)

KLIKANGGARAN - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel), bakal melaporkan pekerjaan Jalan Kerengak ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel.

Pasalnya, MAKI Sumsel menemukan kejanggalan pada pekerjaan Jalan Kerengak di Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau. Lokasi pekerjaan tepatnya di samping Masjid An-Nasir Sohe yang menelan anggaran senilai Rp4,95 miliar.

Koordinator MAKI Sumsel, Boni Belitong, menuturkan bahwasannya pihaknya menemukan dugaan potensi korupsi pada pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Salurkan Bantuan Modal Usaha, Dompet Dhuafa Kaltim dan Vitalis Hadir untuk Orang Tua Tunggal

"Informasi yang kita ketahui bahwa jalan tersebut dibangun sepanjang 730m dengan lebar 7m dan tinggi kurang lebih 25cm, akan tetapi pagu anggaran tersebut sangat besar, sehingga diduga berpotensi korupsi dengan dugaan adanya modus mark up pada harga satuan," ujar Koordinator MAKI Sumsel, Boni Belitong, melalui keterangannya, Senin (22/11).

Dikatakan Koordinator MAKI Sumsel, indikasi korupsi tersebut setelah diketahui adanya informasi bahwa jalan tersebut tidak menggunakan besi 16 ulir sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Tak Ada Koordinasi dalam Penyediaan Satelit di Kemenkominfo, Uang Negara Boros Sebesar Rp98,2 M

Besi 16 ulir yang diduga hanya ditancapkan pada Jalan Kerengak (Dok.Istimewa)

"Informasi dari pekerja itu sendiri yang kita dapatkan, jalan itu tidak menggunakan besi 16 ulir atau besi pada bagian tengah nya, hanya saja pada ujung jalan ditancapkan besi 16 ulir sebagai sampel belaka yang panjangnya kurang lebih 50cm, dan diduga hal itu dilakukan untuk mengelabui tim pemeriksa," tegas Boni.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB
X