• Minggu, 22 Mei 2022

Antara Uang Buruh dan BPJS Ketenagakerjaan, CBA: Ini Fakta di Lapangan

- Jumat, 31 Desember 2021 | 20:34 WIB
CBA bertanya soal uang buruh di BPJS Ketenagakerjaan (Dok.Twitter.com/@BPJSTKinfo)
CBA bertanya soal uang buruh di BPJS Ketenagakerjaan (Dok.Twitter.com/@BPJSTKinfo)

KLIKANGGARAN – Seperti diketahui, sejarah pembentukan BPJS Ketenagakerjaan melalui proses yang cukup panjang. Proses tersebut dimulai dengan pembentukan PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero) (PT Jamsostek).

Sesuai dengan amanat UU, sejak 1 Januari 2014 PT Jamsostek berubah menjadi Badan Hukum Publik. PT Jamsostek bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan dipercaya untuk menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja. Antara lain meliputi JKK, JKM, JHT dengan penambahan JP mulai 1 Juli 2015.

Visi BPJS Ketenagakerjaan adalah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kebanggaan bangsa. Tentu saja badan yang amanah, bertata kelola baik, serta unggul dalam operasional dan pelayanan.

Baca Juga: Tahun 2022, Apakah Pensiunan Pertamina Masih Akan Terima Uang MP di Bawah Rp1 Juta?

Mengingat visi tersebut, Center for Budget Analysis (CBA) meminta agar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit terhadap badan ini. Khususnya terkait pengelolaan uang buruh yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Dasarnya menurut CBA, sampai Agustus 2021 dana investasi buruh yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan mencapai Rp514,74 triliun. Masih menurut CBA, angka ini tentu akan terus naik sampai akhir tahun di kisaran Rp542,41 triliun.

Jajang Nurjaman, Koordinator Investigasi CBA, menyampaikan, dana ratusan triliun itu hasil dari jerih payah buruh. Seharusnya bisa kembali dinikmati oleh buruh, dan bukan malah menumpuk di bank.

“Ini malah numpuk di bank dan menghasilkan bunga. Atau digunakan untuk urusan yang tidak ada kaitannya dengan buruh?” tanya Jajang, seperti disampaikannya pada klikanggaran.com di Jakarta, Jumat, 31 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X