• Minggu, 29 Mei 2022

Tidak Optimal dalam Pengendalian, Data Transaksi Usaha WP Pemkab Bekasi Tidak Akurat

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 15:41 WIB
Data transaksi usaha WP Pemkab Bekasi tidak akurat (Dok.Instagram.com/@pemkabbekasi)
Data transaksi usaha WP Pemkab Bekasi tidak akurat (Dok.Instagram.com/@pemkabbekasi)

KLIKANGGARAN - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Bekasi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) telah memasang alat perekam data transaksi usaha. Hal ini diakukan sebagai upaya pengawasan terhadap kepatuhan WP dalam kewajiban pelaporan pajak daerah.

Pemkab Bekasi bekerja sama dengan pihak Bank BJB Cabang Cikarang pada bulan Desember tahun 2019.

Kerja sama dituangkan dalam dokumen Kesepakatan Bersama Antara Pemkab Bekasi dan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) Nomor 23/KB.973/Bapenda/X/2019.

Baca Juga: Kecelakaan Tragis Terjadi di Jalan Tol Cikampek: Truk Tabrak Polantas hingga Tewas dan Sopir Tersangka

Selanjutnya, pihak Bank BJB bekerja sama dengan PSM sebagai rekanan Pemkab Bekasi untuk mengadakan alat tapping box. Pihak WP yang dipasang tapping box sebanyak 202 WP.

Penggunaan tapping box dilakukan mulai tanggal 17 Desember 2019. Perangkat tersebut dipasang di lokasi objek pajak dan terhubung dengan perangkat mesin register transaksi (register cash) milik WP yang menghubungkan sistem informasi pendapatan daerah secara online dengan sistem transaksi usaha WP untuk memantau transaksi usaha WP secara real time.

Berdasarkan laporan tim monitoring lapangan pihak PSM, diketahui, terdapat beberapa kendala terkait tapping box antara lain:

Baca Juga: Buntut Raker KPK di Hotel Bintang 5, Novel Baswedan dan Nurul Ghufron 'Memanas'

a. Adanya penolakan WP pada saat akan mengambil data transaksi dari server komputer WP dengan alasan menunggu izin dari pimpinan perusahaan;

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X