• Sabtu, 27 November 2021

K.H. Ma’mun Nawawie, Sang Ulama di Balik Layar, Asal Bekasi yang Mahir dalam Ilmu Falak, Masya Allah

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:07 WIB
K.H. Ma’Mun Nawawie ( beritacikarang.com )
K.H. Ma’Mun Nawawie ( beritacikarang.com )

KLIKANGGARAN-- Tak dapat dipungkiri, teruntuk generasi sekarang ini nama KH. Ma’mun Nawawie tak begitu banyak dikenal orang. Sosok ulama asli Bekasi yang satu ini memang lebih banyak berjuang di balik layar, sehingga orang jarang sekali mengetahui atau mengenal K.H. Ma’mun Nawawie.

K.H. Ma’mun Nawawie merupakan sosok pahlawan kemerdekaan yang berasal dari daerah Kabupaten Bekasi. Beliau lahir pada Kamis, Jumadil Akhir 1334H atau 1915M di Kampung Cibogo, Desa Sengdangmulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. K.H. Ma’mun Nawawie merupakan anak dari KH. Raden Anwar dan Ny. Hj Romlah.

Semasa anak-anak, sosok K.H. Ma’mun Nawawie dikenal sebagai seseorang yang sangat giat belajar. Oleh sang ayah, ia sudah digembleng untuk belajar memahami dasar-dasar agama.

Di umur 15 tahun, ia melanjutkan pendidikannya ke pesantren Sempur, Plered Purwakarta selama 7 tahun. Kemudian K.H. Ma’mun Nawawie melanjutkan pendidikannya ke Mekkah Musyarofah selama 2 tahun.

Baca Juga: Denmark Open 2021: Fajar/Rian Gagal ke Semi Final, Dikalahkan Ganda Malaysia Dua Game Langsung

Dan setelah itu melanjutkan studinya ke Jombang, Jawa Timur di bawah asuhan K.H. Hasyim Asy’ari. K.H. Ma’mun Nawawie juga sempat berguru dengan Sayyid Alwi Al-Maliki, K.H. Mukhtar Athorid Al-Bogori, dan Syaekh Ihsan Jampes.

K.H. Ma’mun Nawawie juga dikenal sebagai seorang ulama yang memahami betul terkait ilmu falak. Hal ini ia dapatkan saat beguru ke Habib Utsman Jakarta, Termas Jatim, dan Mualif Kitab Sullamunnayyiroin.

Ulama asal Bekasi ini juga merupakan tokoh pendiri pesantren Al-Baqiyatus Sholihat. Pesantren yang cukup dikenal perihal kemahiran ilmu falak. Fakta menariknya, pesantren ini kerapkali menjadi rujukan pemerintah Bekasi, Bogor, dan Jakarta perihal urusan perhitungan falakiyah.

Baca Juga: Temuan Data Bansos, Ada Nama Anggota DPRD dan ASN yang Masuk

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengen ke Bali Lagi? Jalan-Jalan ke Bukit Cinta, yuk!

Jumat, 26 November 2021 | 16:29 WIB

Nyai Sampur dalam Wisata Mistis Gunung Kawi

Rabu, 24 November 2021 | 16:31 WIB

Mengapa Hari Guru Nasional pada Tanggal 25 November?

Selasa, 23 November 2021 | 10:57 WIB

Cirebon Tidak Bisa Dilepaskan dari Sejarah Mataram

Senin, 22 November 2021 | 21:02 WIB

Syukur Waktu 10, Mari Bangkit dan Berkarya !!!

Selasa, 16 November 2021 | 21:28 WIB
X