• Kamis, 9 Desember 2021

SD IT atau SD Negeri? Ketika Orang Tua Harus Memilih Pendidikan Dasar

- Senin, 11 Oktober 2021 | 20:43 WIB
Ilustrasi: Anak-anak SD (mommiesdaily)
Ilustrasi: Anak-anak SD (mommiesdaily)

Klikanggaran.com-- Apakah Anda orang tua yang sedang galau untuk menyekolahkan anak Anda di mana pada tahun ajaran baru nanti? Di SD IT atau SD Negeri? Kalau iya. Sama halnya dengan penulis. Penulis sejujurnya sedang menimbang-nimbang sekolah yang pas untuk anak penulis yang sebentar lagi masuk SD. Apakah masuk ke SD IT atau SD Negeri. Dalam kesempatan ini, penulis menimbang-nimbang keduanya berdasarkan pengalaman-pengalaman orang tua yang menyekolahkan anaknya di SD IT dan SD Negeri.

Dari sudut pandang jarak, keduanya, SD IT dan SD Negeri, dekat dari rumah. Mudah dijangkau. Ibu si anak pun bisa dengan mudah mengantarkan. Namun, berbicara sekolah tidak sebatas berbicara jarak. Ada hal-hal lain yang masih kami timbang-timbang selaku orang tua. Mungkin Anda juga.

SD IT dan SD Negeri Soal Pembinaan Akhlak
Ini yang kami dapat dari pengalaman orang tua yang anaknya disekolahkan di SD IT. Dari sisi pembinaan akhlak, mereka dianggap lebih unggul. Wallahualam. Apakah karena jumlah anak dalam satu kelas di SD IT yang tidak sebanyak jumlah siswa di negeri. Dengan begitu, guru mudah mengontrol dan pastinya memberikan perhatian kepada murid-muridnya.

Baca Juga: Dari 10 Kasus, Polda Riau Amankan 189 Kg Sabu dan 889 Ekstasi

Selain itu, penekanan kepada agama bisa jadi salah satu faktor juga. Kebiasaan anak berinteraksi dengan Al-Quran yang lebih lama dibandingkan dengan di sekolah negeri berdampak pada psikis anak sehingga lebih tenang. Teladan dan contoh guru di sekolah pun menjadi alasan yang kuat si anak menjadi cenderung lebih baik dari sisi akhlak.

SD IT Lama, SD Negeri Sebentar
Dari pembacaan kami terhadap artikel yang membanding-bandingkan sekolah negeri dan swasta dan tentunya pengalaman menyaksikan dan merasakan sendiri bagaimana sekolah di negeri, ada satu kesimpulan yang memang cukup bisa dipertimbangkan, yakni terkait durasi belajar. Di negeri, waktu belajar tidak sepanjang di swasta, dalam hal ini SD IT. Dengan kata lain, di negeri lebih proporsional. Alhasil, siswa tidak terlalu lelah. Di rumah tinggal orang tua yang menambah jam pelajarannya dengan membantu siswa mengerjakan PR atau memasukkannya ke bimbel atau mengikuti privat.

Terkait durasi belajar, seorang anak didik, apalagi SD, memang tidak dianjurkan terlalu kelelahan. Rentang perhatian atau konsentrasi mereka yang memang masih terbatas menjadi salah satu faktor mengapa tidak boleh terlalu lama. Jangan sampai karena terlalu lama siswa menjadi bosan dan akhirnya enggan untuk belajar. Namun, mungkin ada juga yang berpendapat bahwa hal ini relatif. Bagaimana kalau di sekolah itu pembelajarannya dikemas dengan kreatif dan menarik sehingga tidak membosankan atau tidak seperti belajar. Pengemasan Ini mungkin menjadi salah satu tips mengatasi faktor konsentrasi tersebut.

Baca Juga: Mantan Kades Curi Mobil Sampah, Alasannya Sakit Hati. Kepada Siapa ya?

SD IT Cenderung Mahal, SD Negeri Gratis
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa SD IT cenderung mahal dibandingkan dengan SD Negeri. Wallahualam. Apa karena tidak ada subsidi dari pemerintah atau seperti apa. Bahkan, kemahalan SD IT mengalahkan sekolah-sekolah swasta setingkat SD yang berbasis agama lainnya, ambil contoh MI (Madrasah Ibtidaiyah) swasta. Dalam hal ini, memang boleh jadi ada MI yang mahal juga seperti SD IT. Namun, image SD IT mahal cukup dominan sekali di masyakarat. Apa karena banyaknya kegiatan siswa sehingga mahal atau penyebab yang lain. Wallahualam.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengulik Makna Selangkangan

Senin, 6 Desember 2021 | 17:28 WIB

Pentingnya Perencanaan Tenaga Kerja di Perusahaan

Jumat, 19 November 2021 | 18:32 WIB

Mengenali Penyakit-Penyakit Batin

Sabtu, 6 November 2021 | 13:45 WIB

Menyamakan Editor dengan Polisi Saltik: Anda Waras?

Selasa, 2 November 2021 | 15:57 WIB

Keikutsertaan Lendir dalam Sebuah Karya Sastra

Selasa, 2 November 2021 | 12:24 WIB

Revolusi Bahasa

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 15:57 WIB

Jangan Meletakkan Kebahagiaan di Mulut Orang

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:03 WIB

Makna Sumpah Pemuda buat Pejabat

Jumat, 29 Oktober 2021 | 06:26 WIB

Makna Sumpah Pemuda buat Milenial Kekinian

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:39 WIB
X