• Sabtu, 13 Agustus 2022

KPAI Dukung Diskresi Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi 

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:13 WIB
Retno Listyarti (Dok. Istimewa)
Retno Listyarti (Dok. Istimewa)

KLIKANGGARAN -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) baru saja merilis, pihaknya mendukung Diskresi Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi.

Dalam rilisnya KPAI menyebut pihaknya mengapresiasi Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang telah mengeluarkan surat edaran terkait Diskresi untuk menghentikan sekolah tatap muka.

Berikut rilis lengkap KPAI terkait dukungan Diskresi Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi.

Baca Juga: Warganet Heboh, Seorina alias Seol In-ah Bintang Business Proposal Dijadwalkan hadir di Tonight Show, Kapan?

1. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengapresiasi Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang telah mengeluarkan surat edaran terkait diskresi untuk menghentikan sekolah tatap muka sementara jika ditemukan kasus COVID-19. Aturan tersebut didasari karena perkembangan kasus COVID-19 yang kian meningkat akhir-akhir ini.

Kebijakan Nadiem tertuang pada Surat Edaran Mendikbud-Ristek Nomor 7 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

2. Hasil pengawasan KPAI di sejumlah sekolah menunjukkan temuan beberapa kasus covid, mulai dari ada 3 siswa yang berada di 3 kelas ditemukan positif covid di salah satu SMP Negeri di Jakarta sampai ada total 20 siswa di salah satu SMA swasta di Jakarta. Namun, Pemprov DKI Jakarta sangat bagus dalam melaksanakan 3 T sehingga rekomendasi puskesmas kepada sekolah menjadi jelas. Mayoritas daerah di Indonesia minim 3 T nya.

 Baca Juga: PayPal Cs Diblokir, Deddy Corbuzier Sentil Kominfo, Inilah Katanya!

3. Selain itu, mayoritas peserta didik dan pendidik saat diwawancara sangat mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM), tak khawatir meskipun kasus covid sedang meningkat. Sehingga, ketika ada kasus, maka yang PJJ hanya kelas yang ada kasusnya, sedangkan kelas lain tetap memilih PTM, kecuali peserta didik yang sakit (meski bukan covid).

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X