• Senin, 5 Desember 2022

KPAI Apresiasi Inovasi-Inovasi Daerah Dalam mengatasi Permasalahan PPDB 2022

- Senin, 6 Juni 2022 | 21:01 WIB
KPAI rapat koordinasi PPDB di provinsi Sumatera Utara (Dok. Klikanggaran)
KPAI rapat koordinasi PPDB di provinsi Sumatera Utara (Dok. Klikanggaran)

KLIKANGGARAN -- Dalam siaran Pers yang dikeluarkan oleh KPAI, pihaknya mengapresiasi Inovasi-inovasi Daerah dalam mengatasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.

Sebagaimana diketahui bahwa PPDB ini merupakan perhelatan rutin tahunan yang biasanya cukup memusingkan jika tanpa adanya inovasi-inovasi dari setiap daerah.

Inovasi-inovasin inilah yang kemudian memudahkan PPDB sehingga para orangtua dan juga calon anak didik menjadi termudahkan.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Sridadi Lakukan Aksi Damai Dukung SE Gubernur Jambi

Berikut siaran Pers dari pihak KPAI tentang apresiasi inovasi-inovasi PPDB dari setiap daerah.

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) adalah perhelatan rutin tahunan yang selalu membuat pening banyak orangtua peserta didik yang berburu sekolah negeri. Problem umum hampir disemua daerah adalah terbatasnya jumlah sekolah negeri dan penyebaran yang tidak merata, padahal animo masyarakkat untuk masuk sekolah negeri sangat tinggi, jauh melampaui kapasitas atau kuota yang tersedia.

“Sementara menambah jumlah sekolah negeri bukanlah perkara mudah bagi banyak daerah, ada lahan tapi tidak ada anggaran membangun gedung sekolah termasuk memenuhi semua sarana dan prasarananya serta tenaga pendidiknya. Namun, ada juga daerah yang memiliki anggaran membangun sekolah negeri baru, namun tak ada lahan yang bisa dibeli untuk membangun sekolah.”ujar Retno Listyarti, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Inovasi Daerah Dalam Pelaksaan PPDB Tahun 2022

Setelah pelaksanaan PPDB sistem zonasi berlangsung 5 tahun, ternyata banyak daerah mulai membenahi dan membuat inovasi-inovasi baru bagi upaya perubahan kebijakan yang lebih baik, dengan tujuan semakin banyak anak dapat mengakses sekolah negeri meskipun diwilayah kelurahan atau kecamatan tempat tinggal Calon Peserta Didik Baru (CPDB) tidak ada sekolah negerinya.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X