• Jumat, 7 Oktober 2022

KPAI Dorong Evaluasi Kebijakan Buka Kantin Sekolah Saat PTM Di Tengah Merebaknya Hepatitis Akut

- Jumat, 13 Mei 2022 | 10:45 WIB
Kemenkes sedang melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab hepatitis akut. (InfoPublik.id)
Kemenkes sedang melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab hepatitis akut. (InfoPublik.id)

KLIKANGGARAN -- Melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

SE Kemenkes tersebut, kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas-Dinas kesehatan di berbagai daerah dengan mengeluarkan SE kepada Puskesmas-Puskesmas dan Rumah Sakit di daerah setempat untuk meningkakan kewaspadaan terhadap Hepatitis Akut.

Sementara itu ketika SE Kemenkes dikeluarkan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan dimulai di seluruh Indonesia pada 12 Mei 2022 setelah usai liburan Hari Raya Idul Fitri dengan mobilitas pemudik yang melibatkan jutaan orang.

 Baca Juga: Inilah Formula Shin Tae-yong untuk Jinakkan Pemain Filipina yang Berpostur Tinggi, Singgung Kontak Fisik!!

Saat PTM di mulai, kemungkinan sekolah tidak mempersiapkan secara khusus untuk antisipasi hepatitis misterius,karena tak Ada petunjuk khusus juga dari KemendikbudRistek, Kemenag maupun Dinas-Dinas Pendidikann. Namun, karena sudah terkondisi pandemi covid 19, maka Persiapan prokes selama ini bisa digunakan untuk antisipasi, hanya saja sekolah harus memastikan kepatuhan prokes warga sekolah selama PTM berlangsung.

Sekolah dapat bekerjasama dengan Puskesmas terdekat dapat membantu pemerintah daerah untuk mensosialisasi pencegahan virus  hepatitis akut tersebut yang utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan.

Untuk mencegah penularan dari saluran pencernaan maka sekolah dapat menghimbau warga sekolah dan para orangtua untuk menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat.

 Baca Juga: Piala Thomas 2022, Menebak Susunan Pemian Semifinal Piala Thomas antara Indonesia Melawan Jepang.

Sedangkan untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernafasan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Sumber: kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Bakti BUMN PT Pelindo Jasa Maritim Kian Terasa

Jumat, 30 September 2022 | 14:37 WIB
X