• Selasa, 21 September 2021

Ini Satu Penyebab Lain Pertamina Berpotensi Kehilangan Penerimaan

- Selasa, 14 September 2021 | 12:53 WIB
Ilustrasi Pertamina kehilangan pendapatan (Dok.pexels/KarolinaGrabowska)
Ilustrasi Pertamina kehilangan pendapatan (Dok.pexels/KarolinaGrabowska)

Jakarta, Klikanggaran.com – Untuk diketahui, pada tahun 2018 Pertamina RU V Balikpapan melaksanakan pengadaan berupa dua paket penggantian Centrifugal Pump Main Cooling Water (MCW). Pengadaan tersebut yaitu paket penggantian MCW 2 dan MCW 3 serta paket penggantian MCW 4. Keduanya untuk digunakan di area Power Plant II Utilities.

Berdasarkan dokumen LHP BPK RI atas pengadaan Pertamina Balikpapan diketahui bahwa tingkat kritikal pompa MCW akan meningkat jika pompa CWI G-32-22 A atau G-32-22B mengalami kerusakan atau sedang dalam masa perbaikan. MCW Pump tersebut berfungsi sebagai backup yang harus selalu standby karena merupakan bagian dari sistem dalam power plantkeseluruhan.

Pemeriksaan atas dua paket pengadaan Pompa Main Cooling Water Pertamina Balikpapan diketahui permasalahan sebagai berikut:

Baca Juga: Kendalikan Pandemi Covid 19: PPKM Luar Jawa Bali Sampai 20 September, Pintu Masuk Negara Diperketat

a. Pekerjaan Pengadaan Pompa MCW 2 dan 3 Terlambat dan Hasil Performance Test-nya di Bawah Ketentuan

b. Pekerjaan Pengadaan Satu Unit Pompa MCW 4 Belum Diselesaikan

Permasalahan tersebut mengakibatkan:

a. Performance pompa MCW yang tidak optimal berisiko menimbulkan shut down dan/atau menurunkan power yang dihasilkan oleh Steam Turbine Generator sebagai penghasil daya di Power Plant II sehingga keandalan Utility Power Plant II RU V Balikpapan menjadi tidak optimal.

b. Kehilangan potensi penerimaan sebesar Rp526.000.000,00 (Rp313.500.000,00 + Rp212.500.000,00) atas jaminan pelaksanaan yang telah habis masa berlakunya sehingga tidak dapat dicairkan apabila dilakukan pemutusan kontrak.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X