• Selasa, 21 September 2021

Kurang Cermat, 5 Pekerjaan di Pertamina RU IV Cilacap Ini Rugikan Keuangan Perusahaan

- Sabtu, 11 September 2021 | 05:15 WIB
Ilustrasi Kerugian Keuangan Pertamina RU IV Cilacap (Dok.pexels.com/AnnaNekrashevich)
Ilustrasi Kerugian Keuangan Pertamina RU IV Cilacap (Dok.pexels.com/AnnaNekrashevich)

Jakarta, Klikanggaran.com – Berdasarkan LHP BPK RI dan hasil pemeriksan atas dokumen pelaksanaan pekerjaan dengan sistem kontrak lump sum pada Pertamina RU IV Cilacap diketahui terdapat permasalahan pada 5 pekerjaan.

5 permasalahan di Pertamina RU IV Cilacap tersebut antara lain: 1) Perbaikan Jalan “L” Area Kilang; 2) Penggantian Rel Lori Dermaga 67 dan 68 di Area 60; 3) Perbaikan Tempat Parkir Truck dan Alat Berat di Jalan MT Haryono (Area Parkir Samping PDAM); 4) Pembuatan Pedestrian, Parkir dan Fasilitas Sarana Penunjang di Gedung Head Office Baru; Perbaikan Pagar Pengaman Antara Gedung Marine s.d Kampung Proper Area 70.

Permasalahan tersebut mengakibatkan kerugian keuangan perusahaan Pertamina sebesar Rp483.571.368,29. Diketahui, terdapat kelebihan pembayaran pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi dan lingkup kerja kontrak.

Baca Juga: Perlindungan Maksimal pada Masyarakat, Presiden Pastikan Vaksinasi Terus Bergulir

Atas permasalahan tersebut, Pjs. GM RU IV Cilacap sudah memberikan penjelasan. BPK merekomendasikan Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) agar memerintahkan GM RU IV Cilacap untuk:

a. Memberikan sanksi sesuai ketentuan kepada General Maintenance Section Head yang tidak cermat dalam melakukan pengawasan dan penerimaan hasil pekerjaan kontraktor atas pekerjaan Perbaikan Jalan “L” Area Kilang RFCC, Perbaikan Tempat Parkir Truck dan Alat Berat di Jalan MT Haryono (Area Parkir Samping PDAM), dan Pembuatan Pedestrian, Parkir dan Fasilitas Sarana Penunjang di Gedung Head Office Baru sesuai dengan sistem kontrak lump sum.

b. Memberikan sanksi sesuai ketentuan kepada Maintenance Area III Section Head yang tidak cermat dalam melakukan pengawasan dan penerimaan hasil pekerjaan kontraktor atas Pekerjaan Penggantian Rel Lori Dermaga 67 dan 68 di Area 60 sesuai dengan sistem kontrak lump sum

Baca Juga: Penerapan SI PNBP PKH Berbasis Online di Kementerian LHK Belum Berfungsi, Ini Akibatnya pada Catatan Piutang

c. Menginstruksikan Head of General Maintenance RU IV Cilacap sebagai Pengawas Lapangan lebih cermat dalam melakukan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan pekerjaan fisik di lapangan, serta bersama dengan Pjs. Oil Movement A 70 RU IV Cilacap sebagai Penerima Hasil Pekerjaan lebih cermat dalam memeriksa hasil pelaksanaan pekerjaan Perbaikan Pagar Pengaman Antara Gedung Marine s/d Kampung Proper Area 70.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X