• Selasa, 30 November 2021

Kendalikan Pandemi Covid 19: PPKM Luar Jawa Bali Sampai 20 September, Pintu Masuk Negara Diperketat

- Selasa, 14 September 2021 | 11:50 WIB
Pemerintah terus berupaya kendalikan pandemi covid 19 (Dok.BPMISetpres/Rusman)
Pemerintah terus berupaya kendalikan pandemi covid 19 (Dok.BPMISetpres/Rusman)

Jakarta, Klikanggaran.com – Sebagai upaya kendalikan pandemi covid 19, Pemerintah terus melakukan tindakan-tindakan intensif. Salah satunya dengan terus mengintensifkan vaksinasi. Sebagai tindakan nyata pengawalan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana meninjau pelaksanaan vaksinasi door to door yang diadakan oleh BIN.

Sebagai aksi ikut serta kendalikan pandemi covid 19, BIN menargetkan vaksinasi door to door yang juga menyasar pelajar. Melalui keterangan tertulisnya pekan lalu, Kepala BIN, Budi Gunawan, menyatakan 50 ribu dosis vaksin disiapkan untuk para pelajar. Selain itu, warga di lingkungan padat penduduk akan menjadi prioritas. Secara keseluruhan, vaksinasi yang dilaksanakan BIN di 14 provinsi se-Indonesia.

Tindakan lain kendalikan pandemi covid 19 dilakukan Pemerintah melalui pemberlakukan PPKM. Melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Pemerintah akan terus menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh tanah air. Penerapan kebijakan ini juga akan dievaluasi secara berkala.

Baca Juga: Tindak Lanjuti Pernyataan Jokowi Soal Varian Baru MU, Ini Langkah-Langkah Kemenhub

Luhut menyampaikan, evaluasi PPKM di Luar Jawa-Bali ini diberlakukan masih dalam dua pekan ke depan. Artinya, PPKM luar Jawa-Bali perpanjangannya adalah tanggal 7 sampai 20 September 2021.

“Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa–Bali,” ujar Luhut dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan PPKM Terkini, Senin (13/09/2021) malam, secara virtual.

Senada dengan yang disampaikan Menko Marves sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga menyatakan perketat tata laksana di pintu masuk negara Indonesia bagi pendatang dari luar negeri. Para pelaku perjalanan luar negeri dilakukan pemeriksaan sequencing untuk mengantisipasi masuknya varian baru virus COVID-19 ke Indonesia termasuk varian MU.

Baca Juga: Perlindungan Maksimal pada Masyarakat, Presiden Pastikan Vaksinasi Terus Bergulir

Pemerintah juga memantau pelaku perjalanan luar negeri seperti WNI yang baru kembali dari Kolombia, Ekuador, maupun negara-negara yang mengumum kan sudah ada penyebaran varian MU di negaranya.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Jaya Akan Menggelar Crowd Free Night

Selasa, 30 November 2021 | 13:37 WIB

Reuni 212 Belum Mendapat Izin dari Polri?

Selasa, 30 November 2021 | 10:52 WIB

Orang Belanda dan Sisi Kemanusiaan

Senin, 29 November 2021 | 21:14 WIB
X