• Minggu, 14 Agustus 2022

Gelar Haflah Kedua, Pondok Pesantren Darul Falah Ternate Resmi Terima Ijob MTs

- Kamis, 31 Maret 2022 | 10:23 WIB
Penyerahan Ijop Mts (Dok. IStimewa)
Penyerahan Ijop Mts (Dok. IStimewa)

KLIKANGGARAN -- Pondok Pesantren Darul Falah Ternate melaksanakan Haflah Akhirussanah yang bertempat di Halaman Pondok Pesantren Darul Falah Ternate, Selasa, 29 Maret 2022, bertempat di halaman Pondok Pesantren Darul Falah Ternate.

Puncak kegiatan haflah Pondok Pesantren Darul Falah Ternate juga diisi dengan penampilan dari para santri santri TPQ dan juga santri mukim pondok, seperti tarian santri TPQ, penampilan Selawat Jibril oleh Santri TPQ, Hafalan Al-Qur’an juz 30 TPQ, Hafalan Al-Qur’an 3 Juz santri Pondok, hafalah aqidatul awam, hafalan Hadis kitab bulughul marom, pidato bahasa Arab-Inggris dan Drama Santri. Selain itu, juga ada pemberian hadiah kepada para pemenang lomba menyambut haflah kedua pondok Pesantren Darul Falah Ternate.

Selain sebagai rangkaian akhir proses pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Falah Ternate, momentum Haflah juga dijadikan momentum penyerahan Ijin Operasional (Ijop) MTs Darul Falah Ternate oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara.

Ijop yang diserahakan di Pondok Pesantren Darul Falah Ternate tersebut, diberikan langsung oleh bapak Rahdi Anwar selaku Kasi KSKK Kanwil Kemenag Maluku Utara mewakili Kakanwil yang berhalangan hadir karena ada kegiatan lain.

Baca Juga: Benarkah 198 Pondok Pesantren Terafiliasi dengan Jaringan Terorisme?

Dalam sambutannya, Kasi KSKK menyampaikan salam dan permohonan maaf kakanwil yang berhalangan hadir.

“Beliau sudah mengagendakan sebelumnya untuk dapat hadir ke Haflah Pondok Pesantren Darul Falah Ternate dan menyeerahkan langsung Ijop MTs kepada Yayasan, namun di saat yang bersamaan, beliau ada agenda lain yang tidak bisa ditinggalkan,” ungkap Kasi KSKK pada Selasa, 29 Maret 2022.
Selain itu, Kasi KSKK juga mengapresiasi pondok pesantren Darul Falah atas capaiannya dalam mengelola pesantren dan MTs, sehingga selama 7 bulan berjalan MTs sudah layak secara administrasi untuk mendapatkan Ijop.

“Setelah kami lakukan verifikasi lanjutan hasil verifikasi kemenag kota Ternate, kami melihat MTs Darul Falah Ternate sudah layak dan memenuhi semua unsur persyaratan untuk menerima Ijin Operasional,” terangnya.
Kemudian Kasi KSKK juga mengapresiasi penampilan-penampilan santri pada momentum haflah kedua ini. Menurutnya, para santri luar biasa progressnya untuk kategori madrasah pemula.

Baca Juga: Jangan Stigma Negatif Pesantren

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X