• Minggu, 28 November 2021

Jika Digelar Tahun ini, Muktamar ke-34 NU untuk Siapa ?

- Selasa, 21 September 2021 | 15:23 WIB
Kantor PB NU Jalan Kramat Raya No. 164 (Dok. Istimewa)
Kantor PB NU Jalan Kramat Raya No. 164 (Dok. Istimewa)


Klikanggaran.com-- Pergantian kepemimpinan suatu organisasi atau Lembaga selalu menarik. Apalagi bagi para aktifis organisasinya. Meskipun hanya sebagai anggota yang tidak aktif, apalagi pengurus. Meskipun terkadang sebagai pengurus tidak aktif dan berkontribusi juga terhadap organisasi. Tapi, kalau menjelang Kongres/Munas atau Muktamar, mesti sigap dan gesit untuk berpartisipasi. Baik sebagai panitia, tim sukses atau pun mencari / menjadi sponsorship.

Tak terkecuali perhelatan yang akan di gelar PBNU. Kegiatan Munas dan Konbes Alim Ulama yang akan digelar 25-26 September 2021 di Jakarta. Sudah didorong dan dipaksa agar segera memutuskan Muktamar pada tahun 2021. Memang amanat Konbes tahun 2020, menugaskan PBNU agar melaksanakan Muktamar pada Bulan Oktober 2021. Namun, karena Pandemi Covid-19 berlanjut dan belum sesuai harapan, maka Munas dan Konbes tahun 2021 ini diarahkan untuk memutuskan itu.

Pra-Munas dan Konbes yang dilakukan PBNU sebelumnya di Pasuruan, memang masih sebatas menginventarisir permasalahan dan agenda nasional yang berkaitan untuk dijadikan bahan materi muktamar dan segala sesuatu persiapan teknisnya. Namun, karena Munas dan Konbes salah satu agendanya adalah soal tempat dan waktu Muktamar. Tidaklah heran kalau PWNU Jawa Timur dan PWNU DIY meminta agar muktamar tetap dilaksanakan di tahun 2021, sesuai amanat Munas dan Konbes tahun 2020.

Terbaru adalah harapan sejumlah Kiai sepuh dari Jawa Timur (21/9) agar Muktamar bisa dilaksanakan pada tahun 2021. Alasannya sebagai mana yang disampaikan Gus Iful, agar kegiatan organisasi tetap berjalan normal ( Antara,19/2). Bahkan, beliau menjelaskan tidak ada alasan untuk tidak menggelar muktamar dalam keadaan apa pun, meskipun dalam pelaksanaannya perlu beradaptasi karena situasi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Para Kyai se-Jakarta Barat Desak Aparat Tegakkan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19

Gus Iful juga menambahkan hasil pertemuan para kiai di Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, itu juga akan disampaikan segera ke PBNU sehingga harapannya menjadi rumusan kuat agar Muktamar NU benar-benar bisa digelar tahun ini.

Muktamar dapat di gelar tahun ini, merupakan keinginan kita semua. Tapi seharusnya yang lebih penting dan diutamakan dari sebuah Muktamar adalah kebijakan dan Keputusan yang diambil dalam setiap sidang merupakan kebutuhan mendasar warga NU dan kemaslahatan ummat. Bukan hanya kebijakan yang menyenangkan dan menenangkan sebagian orang atau sebagian para Kyai. Tapi semua warga Nahdliyin di seluruh Indonesia.

Bukan hanya Sebagian Kyai sepuh di Jawa Timur atau Jawa saja. Fakta bahwa Sebagian besar pesantren di Indonesia merupakan Santri dan ada kaitan geneologis keilmuan dengan Kyai Jawa Timur adalah fakta dan tidak bisa dipungkiri. Namun, muktamar NU bukan hanya untuk warga NU yang ada di Jawa Timur saja, atau di pulau Jawa. Tapi seluruh Indonesia.

Gerakan yang massif untuk meminta Muktamar harus tahun ini. Merupakan Indikasi bahwa ada keinginan untuk mengganti kepemimpinan atau minimal ada pergantian pimpinan di tingkat PBNU. Apalagi bila dikaitkan dengan adanya berbagai road show, dari petinggi PBNU dalam menemui Pengurus Wilayah dan Cabang. Andai itu dilakukan dalam ranah pembinaan dan penjelasan mengenai program PBNU menjelang abad ke 2, mungkin sangat elok. Bukan dengan istilah region A,B, atau C.

Baca Juga: Resmikan Pabrik Baja, Presiden: Konsumsi Baja Besar, Jangan Biarkan Produk Luar Masuk

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya Perencanaan Tenaga Kerja di Perusahaan

Jumat, 19 November 2021 | 18:32 WIB

Mengenali Penyakit-Penyakit Batin

Sabtu, 6 November 2021 | 13:45 WIB

Menyamakan Editor dengan Polisi Saltik: Anda Waras?

Selasa, 2 November 2021 | 15:57 WIB

Keikutsertaan Lendir dalam Sebuah Karya Sastra

Selasa, 2 November 2021 | 12:24 WIB

Revolusi Bahasa

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 15:57 WIB

Jangan Meletakkan Kebahagiaan di Mulut Orang

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:03 WIB

Makna Sumpah Pemuda buat Pejabat

Jumat, 29 Oktober 2021 | 06:26 WIB

Makna Sumpah Pemuda buat Milenial Kekinian

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:39 WIB

MBOK GINAH, LEO KRISTI DAN YEHUDI MENUHIN (2)

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:27 WIB
X