• Selasa, 30 November 2021

Pendidikan Bertumpu pada Values, Bukan Knowledge Bagian 2

- Selasa, 7 September 2021 | 22:36 WIB
Pendidikan Bertumpu pada Values, Bukan Knowledge (Dok.klikanggaran.com/KitRose)
Pendidikan Bertumpu pada Values, Bukan Knowledge (Dok.klikanggaran.com/KitRose)

Klikanggaran.com - Pendidikan tidak lagi dianggap sebagai tanggung jawab bersama. Tapi, pendidikan dianggap tugas guru dan aparatur dunia pendidikan. Jadi, di mana kesemestaan pendidikan itu berada? Sungguh, pendidikan semesta itu terletak pada values, bukan knowledge. Pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai bukan pengetahuan. Menjadikan anak didik berkarakter, bukan pintar. Moral bukan material. Kesemestaan pendidikan bertumpu pada values, nilai-nilai.

Pendidikan harus mampu membangkitkan nilai-nilai kesadaran dalam memahami realitas hidup. Sehingga mampu menemukan cara bertindak dan bersikap terhadap realitas. Kesadaran dalam diri, kesadaran terhadap sesama, kesadaran terhadap masa silam, dan kesadaran terhadap masa depan. Tanpa kesadaran dalam pendidikan, suatu saat nanti orang Indonesia akan berada pada titik kesendiriannya, menikmati keterpisahannya, dan akhirnya bangga akan kelemahannya.

Semesta pendidikan harus menjadikan kita mengerti keadaan hari ini untuk keadaan esok yang lebih baik. Sadar dan mau berubah untuk menjadi lebih baik. Semesta pendidikan juga menjadikan toleransi sebagai capaian tertinggi dari pendidikan.

Baca Juga: Rekreasi ke Jembatan Iblis Vultee Arch

Karena semakin orang berpendidikan maka semakin paham arti nilai-nilai kehidupan. Semakin paham perbedaan, maka semakin mengerti arti kebersamaan. Pendidikan semesta terjadi, ketika kita tidak lagi gemar mencari-cari kesalahan orang lain. Tapi, kita membantu mereka untuk menemukan cara memperbaiki kesalahan.

Kita sepakat, pendidikan itu memang kompleks. Tapi, bukan berarti pendidikan tidak bisa dikoreksi. Karena di negeri ini sudah penuh sesak oleh orang-orang pintar. Mereka yang katanya orang-orang terbaik dengan kualitas pendidikan yang memadai. Namun kini, kita kehilangan nilai-nilai.

Maka pendidikan semesta sangat membutuhkan karakter yang kokoh. Pendidikan yang value oriented, bukan knowledge oriented. Karena bukan gelar atau pangkat yang menjadikan kita terdidik, melainkan implementasi dari ilmu dan nilai-nilai pendidikan itu sendiri.

Baca Juga: Suka Telur Asin? Bisa Dicoba Nih, Resep Telur Asin Aneka Rasa

Kesemestaan pendidikan harus berkontribusi terhadap perbaikan realitas kehidupan. Sehingga semakin banyak ilmu seseorang maka akan semakin besar sumbangsihnya kepada orang lain. Seperti kata Marthin Luther King, “Life's most persistent and urgent question is 'what are you doing for others'?”

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya Perencanaan Tenaga Kerja di Perusahaan

Jumat, 19 November 2021 | 18:32 WIB

Mengenali Penyakit-Penyakit Batin

Sabtu, 6 November 2021 | 13:45 WIB

Menyamakan Editor dengan Polisi Saltik: Anda Waras?

Selasa, 2 November 2021 | 15:57 WIB

Keikutsertaan Lendir dalam Sebuah Karya Sastra

Selasa, 2 November 2021 | 12:24 WIB

Revolusi Bahasa

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 15:57 WIB

Jangan Meletakkan Kebahagiaan di Mulut Orang

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:03 WIB

Makna Sumpah Pemuda buat Pejabat

Jumat, 29 Oktober 2021 | 06:26 WIB

Makna Sumpah Pemuda buat Milenial Kekinian

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:39 WIB

MBOK GINAH, LEO KRISTI DAN YEHUDI MENUHIN (2)

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:27 WIB
X