• Minggu, 5 Desember 2021

Pendidikan Bertumpu pada Values, Bukan Knowledge Bagian 1

- Selasa, 7 September 2021 | 21:57 WIB
Pendidikan Bertumpu pada Values, Bukan Knowledge (Dok.klikanggaran.com/KitRose)
Pendidikan Bertumpu pada Values, Bukan Knowledge (Dok.klikanggaran.com/KitRose)

Klikanggaran.com - Apa kabar pendidikan kita hari ini? Semoga baik-baik saja semuanya. Pendidiknya baik, anak didiknya juga baik. Begitulah harapan kita bersama, demi terwujudnya kesemestaan pendidikan; pendidikan milik dan tanggung jawab bersama.

Kita patut bersyukur, bahkan bangga, karena di negeri ini pendidikan telah maju dengan pesat. Makin banyak orang pintar, orang gemar belajar, orang yang sekolah sampai ke jenjang tinggi. Sekolah dan perguruan tinggi telah berhasil mencetak orang-orang pintar dan orang-orang berpendidikan.

Kita semua menyaksikan majunya peradaban bangsa, tentu berkat pendidikan. Itulah buah keberhasilan pendidikan. Tapi sayang, makin banyak orang pintar makin kompleks masalah bangsa. Mulai dari egoism politik, perilaku koruptif, hingga kejahatan seksual marak terjadi.

Baca Juga: Rekreasi ke Jembatan Iblis Vultee Arch

Adakah semua itu terjadi karena pendidikan? Saya yakin seyakinnya, masalah bangsa ini terus terjadi bukan karena orang-orang pintar tidak mampu menyelesaikan masalah. Bukan pula karena kurang pengetahuan untuk memperbaiki negeri. Mungkin mereka hanya “kurang tahu” arti pendidikan. Kurang memahami kesemestaan pendidikan. Karena ketika sekolah dulu, kita lebih mementingkan knowledge daripada values. Lebih banyak belajar tentang pengetahuan daripada nilai-nilai dan etika.

Maka akibatnya, banyak orang pintar di negeri ini namun dimensi nilai dan etika menjadi terabaikan. Pendidikan sebagai alat untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai-nilai dan karakter bangsa menjadi terpinggirkan. Entah, mereka sebaiknya disebut kaum terpelajar atau terdidik? Mari kita tengok ke luar rumah, lihat di jalanan, apa yang terjadi? Banyak pengendara yang ugal-ugalan, saling salip-menyalip, seolah jalanan milik sendiri. Rambu lalu-lintas dilanggar. Semrawut dan tidak tertib. Semua orang ingin cepat dan buru-buru. Seakan tidak peduli akibat yang bisa terjadi. Kecelakaan atau nyawa melayang tidak lagi jadi masalah. Nilai-nilai pendidikan sudah tidak ada lagi di jalanan, bahkan di tempat-tempat umum.

Lalu, apakah mereka bukan orang-orang terdidik? Bisa jadi, ketika di sekolah dulu, mereka sering diajarkan untuk bekerja dengan cepat. Karena waktu adalah segalanya. Mereka memang sangat disiplin agar tiba di tempat tujuan tepat waktu. Tapi, mereka lupa cara untuk menghargai waktu adalah dengan kesabaran. Mungkin dulu di sekolah, mereka lebih banyak diajarkan kedisiplinan tapi lupa menanamkan kesabaran.

Baca Juga: Suka Telur Asin? Bisa Dicoba Nih, Resep Telur Asin Aneka Rasa

Kita sering lupa tentang arti pendidikan yang sebenarnya. Kita lupa hakikat kesemestaan pendidikan. Karena pendidikan yang semesta harusnya terletak pada values dan bukan knowledge. Kesemestaan pendidikan adalah tanggung jawab semua pihak. Karena pendidikan itu bukan pengganti kecerdasan. Pendidikan tidak identik dengan kepintaran. Tapi, pendidikan adalah nilai-nilai dan kepekaan. Pendidikan yang berbasis pada pembangunan karakter anak didik bertumpu pada nilai-nilai moral yang dapat menjadikan kita lebih baik dari waktu kemarin.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya Perencanaan Tenaga Kerja di Perusahaan

Jumat, 19 November 2021 | 18:32 WIB

Mengenali Penyakit-Penyakit Batin

Sabtu, 6 November 2021 | 13:45 WIB

Menyamakan Editor dengan Polisi Saltik: Anda Waras?

Selasa, 2 November 2021 | 15:57 WIB

Keikutsertaan Lendir dalam Sebuah Karya Sastra

Selasa, 2 November 2021 | 12:24 WIB

Revolusi Bahasa

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 15:57 WIB

Jangan Meletakkan Kebahagiaan di Mulut Orang

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:03 WIB

Makna Sumpah Pemuda buat Pejabat

Jumat, 29 Oktober 2021 | 06:26 WIB

Makna Sumpah Pemuda buat Milenial Kekinian

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:39 WIB

MBOK GINAH, LEO KRISTI DAN YEHUDI MENUHIN (2)

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:27 WIB
X