• Selasa, 24 Mei 2022

Pemerintah Resmi Larang Ekspor Batubara, Berikut Alasannya!

- Minggu, 2 Januari 2022 | 15:06 WIB
Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Dirjen Minerba Kemen ESDM), Ridwan  (otonominews)
Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Dirjen Minerba Kemen ESDM), Ridwan (otonominews)

KLIKANGGARAN-- Pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberlakukan larangan ekspor Batubara.

Adapun pemberlakuan larangan ekspor batu bara diberlakukan hanya sementara, mulai tanggal 1 hingga 31 Januari 2022.

Melalui Kemen ESDM, pemerintah menjelaskan pelarangan ekspor batubara tersebut bagi pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) atau IUPK tahap kegiatan Operasi Produksi, IUPK Sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak/Perjanjian dan PKP2B.

Kebijakan pelarangan ekspor batubara tersebut sebagai langkah untuk menjamin terpenuhinya pasokan batubara untuk pembangkit listrik di dalam negeri.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Dirjen Minerba Kemen ESDM), Ridwan dalam keterangan resminya, mengatakan, kurangnya pasokan ini akan berdampak kepada lebih dari 10 juta pelanggan PT PLN (Persero), mulai dari masyarakat umum hingga industri, di wilayah Jawa, Madura, Bali (Jamali) dan non-Jamali.

Baca Juga: Cek Penerapan Prokes di Pelabuhan, Menhub Tinjau Pelabuhan Kaliadem di Masa Libur Tahun Baru

"Ini (larangan ekspor) terpaksa dan ini sifatnya sementara,” kata Ridwan, Sabtu (1/1/2022) seperti dilansir dari m.otonominews.com.

Jika larangan ekspor batu bara tidak dilakukan, lanjutnya, hampir 20 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan daya sekitar 10.850 mega watt (MW) akan padam.

“Ini berpotensi menggangu kestabilan perekonomian nasional. Saat pasokan batu bara untuk pembangkit sudah terpenuhi, maka akan kembali normal, bisa ekspor. Kita akan evaluasi setelah tanggal 5 Januari 2022 mendatang," tandasnya.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: m.otonomi.news

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran Pengantar Kerja Dalam Program SIAPkerja

Minggu, 22 Mei 2022 | 13:04 WIB
X