• Rabu, 29 Juni 2022

Timbulkan Lobang-Lobang Besar, KMAKI Sarankan Pemerintah Larang Ekspor Batubara Selama 5 Tahun

- Minggu, 2 Januari 2022 | 12:33 WIB
Ilustrasi (dok. Istimewa)
Ilustrasi (dok. Istimewa)

KLIKANGGARAN-- Komunitas Masyarakat Anti Korupsi Independen (KMAKI) menyarankan pemerintah sebaiknya melarang ekspor batubara minimal lima tahun lamanya.

"Ada baiknya pemerintah melarang ekspor batubara selama 5 (lima) tahun untuk perbaikan ekosistem dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia", kata Feri Kurniawan dalam keterangannya diterima Klikanggaran.com, Minggu, 2 Januari 2022.

Pendapat tersebut diungkapkan KMAKI merujuk pada keputusan Pemerintah yang melarang ekspor batubara dalam kurun waktu 1 (satu) bulan dari 1 Januari sampai akhir Januari.

"Melegakan masyarakat. Masyarakat sudah terlalu lama memendam rasa sakit karena kerusakan lingkungan dan tiada manfaat eksploitasi batubara untuk masyarakat mulut tambang," kata Deputy KMAKI ini.

Baca Juga: Ponsel BlackBerry Kehilangan Semua Fungsionalitas

Kebijakan moratorium singkat tersebut kata Feri, adalah langkah yang sangat bagus untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan keadilan untuk masyarakat mulut tambang.

"Sudah terlalu sakit masyarakat disekitar mulut tambang karena perubahan ekosistem berupa perubahan suhu dan sumber daya air serta kerusakan lingkungan akibat eksploitasi batubara", jelas Feri Kurniawan.

Lebih jauh Feri mengutarakan, ribuan hektar hutan sudah menjadi semak belukar dan lobang-lobang besar eks tambang yang telah selesai dieksploitasi yang merubah suhu global dan berdampak kepada hasil pertanian dan kebun.

Baca Juga: Hebat, China Bangun Rel Kereta Api yang Membentangi Khatulistiwa

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X