• Rabu, 29 Juni 2022

Sekilas tentang Salafiyah yang Trending di Twitter

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 11:24 WIB
Salah satu buku yang membahas tentang Salafi (shopee)
Salah satu buku yang membahas tentang Salafi (shopee)

KLIKANGGARAN--Trending topiknya kata ‘Salafiyah’ di Twitter tidak luput dari nama Herry Wirawan yang kini sedang ramai menjadi perbincangan publik setelah kasus asusilanya terungkap.

Herry Wirawan yang sebelumnya diisukan menganut aliran Syiah, kini ramai dirinya dianggap beraliran Salafiyah.

Di Twitter ada beberapa akun yang mengunggah sebuah foto yang menggambarkan Herry Wirawan mengikuti sebuah kegiatan yang diadakan oleh Salafiyah.

Hal tersebut kemudian menggiring opini bahwa Herry Wirawan, guru ngaji cabul yang tega menghamili belasan santriwatinya sampai beberapa kali melahirkan ini beraliran salafiyah.

Baca Juga: Anda Alami Macet Menulis? Mungkin Bisa Coba Cara Sederhana Ini

Berikut sekilas tentang Salafiyah yang dirangkum Klikanggaran dari berbagai sumber.

Kata salafiyah diambil dari kata ‘Salaf’ adalah kependekan dari ‘Salaf al-Ṣhāliḥ’ yang berarti ‘pendahulu yang sholih’. Dalam terminologi Islam secara umum, digunakan untuk menunjuk kepada tiga generasi terbaik umat muslim yaitu sahabat, tabi'in, tabi'ut tabi'in. Ketiga generasi inilah dianggap sebagai contoh terbaik dalam menjalankan syariat Islam.

Kata salafi sering dihubungkan dengan Wahhabisme (untuk sebagian pengikutnya nama Wahabi ini dianggap menghina, mereka lebih memilih istilah Salafisme), sehingga dua istilah ini sering dipandang sebagai sinonim. Biasanya, penganutnya dari gerakan salafy menjelaskan dirinya sebagai "Muwahidin," "Ahl Hadits," atau "Ahl at-Tauhid."

Salafy melihat tiga generasi pertama dari umat Islam, yaitu Rasulullah dan para sahabatnya, dan dua generasi berikut setelah mereka, tabi'in dan tabi 'ut-tabi'in, sebagai contoh bagaimana Islam harus dilakukan.

Baca Juga: Inovasi Kejar Stunting Juara I KIPP Tingkat Kabupaten Luwu Utara

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X