• Senin, 4 Juli 2022

Kupat Blengong, Kuliner Khas Tegal yang Memiliki Kelezatan Luar Biasa Mantapnya, Lho

- Selasa, 7 Desember 2021 | 11:05 WIB
Kupat Blengong, Kuliner Khas Tegal Yang Memiliki Kelezatan Luar Biasa (Instagram/@tegalkotakuliner)
Kupat Blengong, Kuliner Khas Tegal Yang Memiliki Kelezatan Luar Biasa (Instagram/@tegalkotakuliner)

KLIKANGGARAN--Tegal merupakan kota yang terletak di pesisir laut utara Provinsi Jawa Tengah. Bukan hanya sekedar identik dengan warteg dan sate kambing muda saja, ada banyak sekali kuliner khas Tegal yang sebetulnya layak untuk kita cicipi karena memiliki kelezatan yang luar biasa. Salah satunya adalah kupat blengong khas Tegal.

Mungkin bagi masyarakat yang bukan asli Tegal kuliner bernama kupat blengong ini begitu asing di telinga kita. Jadi, apa si kupat blengong itu?

Blengong sendiri diartikan sebagai hasil perkawinan hewan bebek dan itik. Sehingga akan memunculkan unggas baru bernama blengong.

Blengong hanya dapat kita jumpai di daerah Brebes dan Tegal saja. Sehingga kupat blengong merupakan kuliner khas yang betul-betul asli Kota Tegal maupun Brebes.

Baca Juga: Saran Nyai Sampur, Gunakan Bahasa Indonesia Saat Anda di Bali, Mengapa?

Kalau di Brebes kita lebih banyak menjumpai sate blengongnya, sedangkan di Tegal kita lebih sering menjumpai kupat blengong, khususnya saat keliling kota Tegal di malam hari.

Di dalam olahan kupat blengong ini, kita dapat merasakan bumbu kuning yang khas dan kuahnya yang cukup kental.

Tak lupa dengan tambahan ketupat yang dipotong serta bawang goreng dijamin akan membuat kita kenyang saat menyantap satu porsi kupat blengong yang dibandrol dengan harga 13.000 rupiah per porsinya.

Baca Juga: Bos PLN: Habis Gelap, Terbitlah Terang

Dilansir dari laman wartabahari.com dalam artikel yang berjudul “Wisata Kuliner Kupat Blengong”, pemerintah kota Tegal akan segera melaunching sentra kupat blengong yang berada di jalan Sawo Barat, Tegalsari, Tegal, Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X