• Rabu, 26 Januari 2022

Anda Alami Macet Menulis? Mungkin Bisa Coba Cara Sederhana Ini

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 10:50 WIB
Ilustrasi menulis dan menyalin (Dok.pexels.com/DzianaHasanbekava)
Ilustrasi menulis dan menyalin (Dok.pexels.com/DzianaHasanbekava)

KLIKANGGARAN – Menulis dan masalah di seputarnya masih menjadi jadwal perbincangan seru di sela waktu ngopi saya. Kemaren datang lagi seorang teman yang mengaku sedang mengalami macet nulis.

Teman saya, sebut saja Rina, sudah tidak aktif lagi menulis sekitar satu tahun lebih. Pekerjaan yang padat membuat dia terpaksa menghentikan kegiatan menulisnya. Sementara ide-ide di kepalanya mendesak ingin dikeluarkan.

Apa yang dialami Rina ini banyak terjadi di sekitar saya, bahkan pernah terjadi pada saya sendiri. Mereka ingin menulis, tetapi tidak kunjung melakukannya.

Pada artikel terdahulu saya sudah menyampaikan salah satu hal penting yang tidak bisa diabaikan. Pembaca masih ingat? Ya, saya pernah menayangkan artikel tentang mental menulis.

Baca Juga: Menulis dan Masalah Mental, Ini Dampaknya jika Diabaikan

Jika masalah mental menulis ini tidak segera diatasi, niscaya keinginan untuk melahirkan karya tulis akan tinggal keinginan dan menggenang begitu saja. Padahal menulis adalah salah satu kegiatan yang aduhai menyenangkan. Belum lagi manfaat self healing-nya.

Adakah cara untuk mewujudkan keinginan menulis? Adakah cara untuk melancarkan kembali macet nulis? Ada! Caranya pun sederhana, salah satunya menyalin. Itulah yang saya lakukan agar dapat kembali mendapatkan mental menulis saya.

Bagaimana caranya? Menyalin yang bagaimana, nih? Tentu saja saya tidak menyarankan Anda menyalin tulisan atau hasil karya orang lain, kemudian Anda klaim sebagai hasil karya Anda.

Baca Juga: Inovasi Kejar Stunting Juara I KIPP Tingkat Kabupaten Luwu Utara

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NU Perlu Membuat Sekolah Tinggi Perfilman Usmar Ismail

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:43 WIB

Seni dalam Organisasi

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:00 WIB

Juragan99 Sebut Persib Alay, Viking Meradang

Rabu, 22 Desember 2021 | 15:20 WIB
X