• Senin, 4 Juli 2022

Rabu 1 Desember 2021 Merupakan Hari Jadi Kabupaten Batang Hari ke-73 Tahun, Yuk Simak Historinya

- Selasa, 30 November 2021 | 20:55 WIB
Kompleks Kantor Bupati Batang Hari (Klikanggaran/Anuza)
Kompleks Kantor Bupati Batang Hari (Klikanggaran/Anuza)

KLIKANGGARAN -- Pada Rabu tanggal 1 Desember 2021 merupakan hari jadi Bumi Serentak Bak Regam Kabupaten Batang Hari yang ke-73 tahun, melihat dari usia tersebut tentunya bukanlah suatu usia yang muda lagi. Secara history  Kabupaten Batang Hari dibentuk pada 1 Desember 1948 melalui Peraturan Komisaris Pemerintah Pusat di Bukit Tinggi Nomor 81/Kom/U, tanggal 30 Nopember 1948 dengan pusat pemerintahannya di Kota Jambi. 

Pada tahun 1963, pusat pemerintahan daerah ini dipindahkan ke Kenali Asam, 10 km dari Kota Jambi. Kemudian pada tahun 1979, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 1979, ibu kota kabupaten Batang Hari yang terkenal kaya akan hasil tambang ini pindah dari Kenali Asam ke Muara Bulian, 64 km dari Kota Jambi sampai saat ini.

Kabupaten Batang Hari mengalami dua kali pemekaran, Pemekaran pertama yang mana awalnya Kabupaten yang berada di Sumatera Bagian Tengah ini berdasarkan UU No. 7 Tahun 1965 dimekarkan menjadi dua daerah Tingkat II yaitu Kabupaten Batang Hari yang saat itu ibu kotanya Kenali Asam dan Kabupaten Tanjung Jabung ber-ibu kota Kuala Tungkal (Yang kemudian dimekarkan menjadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur).

Kemudian pemekaran kedua, Kabupaten Batang Hari dalam perkembangannya, sejalan dengan era reformasi dan tuntutan Otonomi Daerah Kabupaten Batang Hari yang dibelah sungai Batanghari ini sesuai dengan UU No. 54 Tahun 1999, kembali dimekarkan menjadi dua Kabupaten yaitu Kabupaten Batang Hari dengan ibu kota Muara Bulian dengan Kabupaten Muaro Jambi ibu kotanya di Sengeti.

Baca Juga: Wujudkan Batang Hari Tangguh 2024, Dinas Dukcapil Laksanakan Rakor dengan OPD dan Instansi Vertikal

Diketahui secara topografi Kabupaten Batang Hari salah satu Kabupaten terluas di Provinsi Jambi dengan luas wilayah 5.804,83 km² atau 580.483 hektar, Kabupaten Batang Hari merupakan wilayah dataran rendah dan rawa yang terbagi oleh sungai batanghari dan digenangi air sepanjang tahun.

Atas ketinggian daerah ini terdiri dari; 0 - 10 meter dari permukaan laut ( 11,80 persen, 11 - 100 meter dari permukaan laut (83,70 persen), selanjutnya 4,50 persen wilayah Kabupaten Batang Hari berada pada ketinggian 101 - 500 meter dari permukaan laut.

Selama kurun waktu sampai sekarang pada usia yang ke-73 Kabupaten Batang Hari sudah dipimpin oleh 15 orang Bupati, dengan 17 kali pengganti Bupati, kenapa demikian? Karena Kabupaten Batang Hari pernah dipimpin oleh dua orang Bupati yang sama pada zaman Bupati H. Abdul Fattah dan Bupati Syahirsah. Sy pada waktu yang berbeda-beda.

Baca Juga: Selebgram Rachel Vennya Segera Jalani Sidang Kasus Kabur dari Karantina

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X