• Senin, 4 Juli 2022

Ketua YLKI: Sesuai dengan Regulasi Pertamina, Layanan Toilet SPBU Gratis!

- Sabtu, 27 November 2021 | 17:05 WIB
Ketua YLKI: Sesuai dengan Regulasi Pertamina, Layanan Toilet di SPBU Gratis (Instagram/pertamina)
Ketua YLKI: Sesuai dengan Regulasi Pertamina, Layanan Toilet di SPBU Gratis (Instagram/pertamina)

KLIKANGGARAN--Tulus Abadi, Ketua YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) mengungkapkan bahwa sesuai regulasi di Pertamina, seharusnya layanan toilet di SPBU tidak dipungut biaya kebersihan alias gratis.

Karena menurut Tulus Abadi hal itu menjadi salah satu persyaratan bagi mitra untuk mendapatkan sertifikat Pasti Pas dari Pertamina yang seharusnya dilaksanakan oleh semua SPBU.

“Hanya, di lapangan, kadang beda implementasinya. Ada yang benar benar gratis. Ada yang tulisannya gratis, tapi ada petugas yang berjaga sambil menyediakan kotak,” ujar Tulus, pada Jumat 26 November 2021, merespons penggratisann toilet di SPBU Pertamina.

Masih dikatakan Tulus Abadi, fasilitas-fasilitas yang ada di SPBU Pertamina sudah seharusnya menjadi hak konsumen yang dapat dinikmati tanpa harus dipungut biaya lainnya.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Didukung Menjadi Capres 2024, Dinilai Memiliki Pengalaman yang Mumpuni

Namun pada kenyataannya memang konsumen juga yang rela memberikan biaya kebersihan sehingga fasilitas umum di SPBU benar-benar terjaga kebersihannya dibandingkan fasilitas yang diberikan gratis, tetapi malah secara kualitas tidak terjaga.

“Bagaimanapun, dalam konteks SPBU, toilet merupakan fasilitas yang seharusnya memang gratis,” ujar Tulus Abadi.

Sementara itu Pengamat transportasi, Djoko Setidjowarno, mengatakan masyarakat transportasi Indonesia mendukung instruksi Menteri BUMN Erick Thohir yang meminta toilet di semua SPBU Pertamina tidak berbayar.

Baca Juga: Masih Suasana Duka Ibunda Meninggal, Rika Sumbangkan Emas Untuk Kabupaten PALI dalam Porprov XIII OKU Raya

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X