• Minggu, 14 Agustus 2022

Sudah Ada Sebelum Tahun 1947, Komplek Pertamina Pendopo Bukti Kejayaan PALI Tempo Dulu

- Jumat, 26 November 2021 | 19:56 WIB
Pintu gerbang masuk Komplek Pertamina Pendopo (dok.Istimewa)
Pintu gerbang masuk Komplek Pertamina Pendopo (dok.Istimewa)

KLIKANGGARAN-- Bagi masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pasti mengetahui Komplek Pertamina yang terletak di Kota Pendopo Talang Ubi. Pasalnya, kawasan ini saat ini bisa dikatakan kawasan yang tak asing lagi alias familiar menjadi tempat rutinitas warga.

Apalagi di komplek Pertamina Pendopo, saat ini juga merupakan lokasi gedung DPRD Kabupaten PALI serta sejumlah kantor lainnya seperti Kantor Pertamina EP Pendopo Field dan rumah dinas sementara sejumlah pejabat di Kabupaten PALI.

Lokasi komplek Pertamina Pendopo, memang berbeda dengan kawasan lainnya yang berada di Kota Pendopo, PALI. Di sana suasananya nampak teduh dan rindang, serta nampak indah. Hal ini tidak terlepas dengan banyaknya pohon-pohon besar yang tumbuh di kawasan komplek Pertamina Pendopo.

Baca Juga: Bupati Banyumas Tegaskan Selama Masa Kepemimpinannya Tak Pernah Ada Tradisi Upeti Untuk Promosi Jabatan

Kawasan komplek Pertamina Pendopo ternyata sudah ada sejak zaman kemerdekaan loh!. Hal ini bisa diketahui dari informasi yang posting oleh akun medsos Instagram @rajakelir. Akun yang banyak mengingatkan kita pada masa-masa tempo dulu itu memposting sebuah penampakan yang ada di kawasan komplek Pertamina, Pendopo.

Pendopo PALI Tahun 1947 (dokumentasi dari Palmboom Divisie.)


"Suasana pemukiman di Pendopo Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang lir), Sumatera Selatan pada Bulan November 1947 dokumentasi dari Palmboom Divisie. Kemungkinan lokasinya didalam komplek perumahan Pertamina Pendopo saat ini," bunyi caption foto yang diunggah.

Wajar bukan, jika di Komplek Pertamina Pendopo, banyak kita jumpai perumahan-perumahan yang berarsitektur rumah zaman tempo dahulu dengan rumah panggung yang memiliki tiang-tiang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Marcus dan Kevin Maju ke Semi Final Indonesia Open 2021 setelah kalahkan ganda putra Malaysia dalam tiga game

Bicara Kabupaten PALI memang banyak hal yang menarik untuk dikupas, daerah yang kental berbahasa menggunakan huruf E ini dulunya adalah masuk dalam Kabupaten Muara Enim sebelum akhirnya memekarkan diri pada tahun 2013 yang lalu.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X