• Selasa, 24 Mei 2022

Kebiasaan Curhat serta Perasaan Sebagai yang Paling Menderita

- Kamis, 27 Januari 2022 | 11:28 WIB
Ilustrasi (Moy)
Ilustrasi (Moy)

 

KLIKANGGARAN - Sebagian dari kita mungkin punya satu atau lebih teman yang biasa diajak berbagi cerita. Teman curhat, istilah bekennya.

Segala hal kita ceritakan kepada si sahabat ini. Mulai dari hal-hal receh yang menjadi kebiasaan sehari-hari, sampai yang tema berat seperti masalah rumah tangga. Mulai dari sukacita sampai dukacita, begitulah intinya.

Ya, bicara dengan orang lain, bertukar cerita, memang menjadi salah satu cara mengurai pikiran yang telanjur kusut. Lebih jauh lagi, bicara dengan orang lain dapat mengurangi setidaknya sebagian beban yang sejak awal bertumpuk. Curhat adalah jalan ninja menuju kelegaan hati dan pikiran.

Hanya saja, sesi curhat tidak selalu berakhir baik-baik saja. Seharusnya, jika satu pihak bercerita, pihak lain hanya mendengar. Jika (lagi!) yang bercerita tidak meminta solusi, pihak lain tidak perlu mengeluarkan kritik dan saran layaknya timbal balik prosedur pelayanan publik. Jika (lagi!!) itu dilanggar, niscaya terjadi baku argumen yang tampaknya enggan menuju baku sayang.

Baca Juga: Hasil Riset Calon Doktor Kriminologi UI: Waspadai Radikalisme jelang Pilpres seperti Aksi 212

Kejadian lain yang kerap muncul adalah perlombaan demi memperebutkan status paling menderita. Umumnya ini dilakukan secara tidak sadar. Rata-rata terpicu oleh keinginan menghibur pihak yang menderita.

Bahwa, kondisinya masih lebih baik dan tidak seharusnya berkeluh kesah. Hanya saja, kereta cepat seharusnya tidak melintasi rel odong-odong. Niat baik memang harus dilaksanakan dengan tata cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya agar tidak memakan banyak kuota internet.

Seperti apa, sih, kompetisi menjadi yang paling menderita itu? Mari kita simak contohnya.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: opini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dilema Puan Menjadi Presiden

Kamis, 21 April 2022 | 04:39 WIB

Kios SIAPkerja (Kasus BPVP Kabupaten Sidoarjo)

Rabu, 13 April 2022 | 13:33 WIB

Konsep Frasa Crazy Rich dan Orang Kaya

Selasa, 29 Maret 2022 | 16:48 WIB

Mandalika dan Penciptaan Lapangan Kerja

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:06 WIB

Berkawan Akrab dengan Kehilangan

Rabu, 23 Maret 2022 | 08:14 WIB
X