• Minggu, 23 Januari 2022

Mengenali Penyakit-Penyakit Batin

- Sabtu, 6 November 2021 | 13:45 WIB
Tentang penyakit batin (Dok.klikanggaran.com/Sekar)
Tentang penyakit batin (Dok.klikanggaran.com/Sekar)

KLIKANGGARAN - Mendengar kata penyakit, bayangan kita lalu diliputi kesan negatif terhadap lema tersebut. Sangat tidak nyaman. Dan, memang, menurut kamus, lema penyakit mengandung makna negatif.

Dalam KBBI daring (diakses 6 November 2021), sakit adalah berasa tidak nyaman di tubuh atau bagian tubuh karena menderita sesuatu (demam, sakit perut, dan sebagainya). Sementara penyakit adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau kelainan sistem faal atau jaringan pada organ tubuh (pada makhluk hidup).

Dapat kita simpulkan bahwa penyakit adalah sebuah gangguan. Ini bisa dari banyak faktor, bergantung kondisi. Bisa karena faktor diri sendiri, bisa dari faktor luar.

Ada dua kategori penyakit, yaitu penyakit rohani (batin) dan penyakit lahir (fisik). Ragam penyakit fisik sangat banyak. Kita bisa mempelajarinya melalui buku atau laman terpercaya di internet yang menyajikan berbagai informasi mengenai medis dan kesehatan.

Baca Juga: Ketika Akun Instagram Tubagus Joddy, Sopir Vanessa Angel, Dijadikan Tumpahan Kemarahan Para Netizen

Tulisan ini akan fokus membahas dan mengkupas penyakit batin yang diterangkan dalam buku-buku agama, khususnya Islam.

Apa saja penyakit batin itu? Ternyata banyak juga macamnya. Dusta (bohong), sombong (congkak, tinggi hati), iri (dengki, tidak suka melihat orang lain senang), pendendam, ingkar janji, suka menghasut, bergunjing (ghibah), serakah (tamak), pelit (bakhil), suka pamer, berkhianat, malas, jahat, kejam (lalim), adalah sebagian yang bisa disebutkan.

Menurut pendapat pribadi, penyakit batin ini lebih berbahaya dibanding penyakit fisik. Mengapa demikian? Sebab, penyembuhannya lebih sulit.

Penyakit ini hanya bisa disembuhkan dengan ilmu agama (ilmu kerohanian). Biayanya relatif murah, bahkan tanpa biaya. Namun, pemulihannya bisa memakan waktu seumur hidup.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menikah atau Tidak Menikah?

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:03 WIB

Melepas Keriuhan, Menyambut Keheningan

Selasa, 4 Januari 2022 | 16:27 WIB

Pemikiran Gus Dur dalam Pergerakan PMII

Kamis, 30 Desember 2021 | 19:39 WIB

Relasi Sinergis Nahdlatul Ulama-Partai Gerindra

Minggu, 19 Desember 2021 | 12:42 WIB

Jangan Stigma Negatif Pesantren

Sabtu, 11 Desember 2021 | 21:25 WIB

Mengulik Makna Selangkangan

Senin, 6 Desember 2021 | 17:28 WIB

Pentingnya Perencanaan Tenaga Kerja di Perusahaan

Jumat, 19 November 2021 | 18:32 WIB
X