• Rabu, 8 Desember 2021

Dugaan Korupsi Formula E, LSAK: TGUPP Harus Lakukan Pencegahan, Bukan Terkesan Pembelaan

- Kamis, 11 November 2021 | 12:15 WIB
Dugaan korupsi di penyelenggaraan event Formula E (Dok.Twitter.com/@AREAJULID)
Dugaan korupsi di penyelenggaraan event Formula E (Dok.Twitter.com/@AREAJULID)

KLIKANGGARAN – Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut dugaan korupsi dalam penyelenggaraan event Formula E di Jakarta. Kasus ini telah merebak dan mendapat sorotan banyak pihak.

Tim penyidik KPK juga telah memeriksa beberapa orang untuk dimintai keterangan soal dugaan korupsi di ajang balapan mobil listrik Formula E. Lembaga Studi Anti Korupsi (LSAK) menyampaikan pandangannya terkait hal ini.

Ahmad Aron Hariri, peneliti LSAK, menyampaikan bahwa pengusutan KPK terhadap dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E oleh Pemprov DKI Jakarta ini adalah satu dari sembilan laporan masyarakat terkait indikasi tindak pidana korupsi di Pemprov DKI Jakarta.

Menurutnya, dengan dimulainya penyelidikan pada giat Formula E menunjukkan, KPK telah mempunyai konstruksi permulaan yang kuat bahwa ada penyimpangan di ajang balap mobil listrik tersebut.

Baca Juga: KPK Periksa Delapan Saksi Atas Tersangka Dodi Reza, Salah Satunya Penasihat Hukum

Upaya KPK menjahit kronologis perkara dan hal lain terkait, menurut LSAK menjadi hal menarik. Karena selama ini ada banyak yang ditutupi dari yang dibuka dan terbuka sendiri.

“Seperti tentang pinjaman 180M dari Bank DKI untuk pembayaran commitment fee yang baru diketahui belakang ini. Termasuk besaran biaya penyelenggaraan dari 2,4T menjadi 560M,” tutur Ahmad Hariri dalam keterangan tertulisnya pada klikanggaran.com di Jakarta, Kamis, 11 November 2021.

“Yang menjadi tanda tanya besar, kepada siapa dan bagaimana pembayaran itu dilaksanakan?” lanjutnya.

Ahmad Hariri juga mengingatkan, besaran biaya itu masih sangat tinggi dibanding di negara-negara lain. PT Jakpro pun dinilai BPK belum optimal melakukan renegosiasi.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X