• Senin, 24 Januari 2022

Anies dan Jokowi Dikabarkan Bertemu Bahas Formula E

- Senin, 10 Februari 2020 | 17:23 WIB
images (8)
images (8)

Jakarta,Klikanggaran.com - Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho, menyebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) malam ini. Hari mengatakan keduanya akan membahas tindak lanjut dari keputusan Formula E yang akhirnya diizinkan di Monas oleh Komisi Dewan Pengarah.

"Ini kita lagi ada beberapa alternatif, nanti aja deh, nunggu rencananya Insyaallah Pak Gubernur mau ketemu Pak Presiden, malam ini," kata Hari di Gedung Balaikota, Jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (10-2).

Menurut Hari, Anies akan meminta kejelasan terkait catatan tertulis dalam surat keputusan yang dikeluarkan Komisi Pengarah. Namun dia tidak menyebut secara rinci.

"Nah gini, artinya kan dibolehkan tapi kan ada beberapa catatan, nanti Pak Gubernur mau minta penjelasan catatan itu kira-kira apa saja," ujarnya.

"Kan ada beberapa hal yang harus ditanya lagi. Nanti aja deh, nunggu Pak Gubernur ketemu Pak Presiden. Saya nggak bisa kasih statement sebelum keputusan final, nanti kalau sudah final baru kita rilis," lanjut Hari.

Dalam pertemuan itu, menurut Hari, Anies juga akan memperkenalkan dua skema rute formula E yang sudah ditinjau oleh pihak penyelenggara FIA bersama Jakpro. Dua skema itu yakni Silang Monas dan kawasan GBK.

"Kan ada dua pilihan, kalau seandainya tidak diperbolehkan di Monas kan di area GBK, tapi kalau diperbolehkan di Monas ya kita tindak lanjuti," ucapnya.

Hari mengatakan hasil pertemuan dan rute resmi formula E akan dirilis dalam waktu dekat. "Hasil pertemuan nanti kami sampaikan lagi," ungkapnya.

Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka kini menyetujui lintasan Formula E masuk ke kawasan Monas. Informasi mengenai penyelenggaraan Formula E 2020 di kawasan Medan Merdeka itu tertuang dalam surat yang diteken Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, Pratikno, nomor B-3KPPKMM/02/2020. Komisi Pengarah disebutkan menyetujui gelaran Formula E di kawasan Medan Merdeka dengan memperhatikan sejumlah hal di bawah ini:

1. Dalam merencanakan konstruksi lintasan tribun penonton dan fasilitas lainnya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, antara lain UU Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.

2. Menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pepohonan dan kebersihan dan kebersihan lingkungan di kawasan Medan Merdeka.

3. Menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka.

4. Melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

Editor: M.J. Putra

Tags

Terkini

X