• Sabtu, 25 Juni 2022

Pemerintah Tetapkan Idulfitri Jatuh pada 2 Mei 2022, Salat Id di Lutra Dipusatkan di Lapangan Tamsis Masamba

- Minggu, 1 Mei 2022 | 21:57 WIB
Penetapan 1 Syawal 1443 H oleh Kemenag RI (Kemenag RI)
Penetapan 1 Syawal 1443 H oleh Kemenag RI (Kemenag RI)

KLIKANGGARAN -- Teka teki kapan idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah akhirnya terjawab. Melalui Sidang Itsbat yang dipimpin Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Ahad (1/5/2022), di Kantor Kemenag Jakarta, Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

Dengan adanya penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah dari pemerintah, maka umat muslim di seluruh Indonesia akan melaksanakan salat idulfitri secara bersamaan. Tentu kabar ini menjadi kabar gembira, sekaligus angin segar bagi umat muslim untuk memperkokoh silaturahmi.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan sidang itsbat, Kemenag selalu menggunakan dua metode yang selama ini menjadi bagian yang tak terpisahkan, yaitu metode hisab (perhitungan) dan metode rukyat (melihat langsung keberadaan hilal).

Baca Juga: Hilal Tampak Jelas, 1 Syawal Ditetapkan Senin 2 Mei 2022

“Untuk kita pahami bersama bahwa dua metode ini bukanlajh dua metode yang diperhadapkan atau dipertentangkan, keduanya adalah metode yang saling melengkapi satu sama lain karena keduanya adalah sangat penting,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas.

“Seorang perukyat harus menguasasi hisab karena tanpa hisab dia tidak bisa merukyat dengan baik. Begitu juga hisab sebagai sebuah hal yang sifatnya informatif tentang posisi ketinggian hilal lalu dirukyat,” ucap Menag yang akrab disapa Gus Yaqut ini menambahkan.

Dikatakan Menag Yaqut Cholil Qoumas, pemerintah Indonesia sejak dahulu selalu menggunakan dua metode, hisab dan rukyat. Mengingat kedua metode tersebut begitu sama pentingnya untuk saling melengkapi satu sama lainnya.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Profesor Ir Budi Santosa Purwokartiko Dianggap Rasis lalu Trending? Simak Profilnya!

“Informasi perhitungan hisab telah dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas Kemenag di sejumlah daerah yang kita tempatkan di 99 titik rukyat di 34 provinsi di seluruh tanah air Indonesia,” ungkap Gus Yaqut.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan SAHI atas Tambahan Kuota Haji 2022

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:55 WIB

Peran Pengantar Kerja Dalam Program SIAPkerja

Minggu, 22 Mei 2022 | 13:04 WIB
X