• Rabu, 27 Oktober 2021

Kebijakan Ganjil Genap, Langkah Lain Menekan Penyebaran Covid

- Minggu, 19 September 2021 | 19:36 WIB
Menhub terapkan kebijakan ganjil genap (Dok.dephub.go.id/BiroKomunikasi)
Menhub terapkan kebijakan ganjil genap (Dok.dephub.go.id/BiroKomunikasi)

Jakarta, Klikanggaran.com – Seperti diketahui, penerapan kebijakan ganjil genap di kawasan wisata telah dilakukan oleh Pemerintah. Tujuannya jelas, salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya kepadatan arus lalu lintas. Selain itu, juga untuk menekan penyebaran Covid-19.

Sesuai dengan terbitnya Inmendagri Nomor 42 Tahun 2021 di poin 5 bahwa untuk daerah PPKM level 3, kawasan wisata sudah dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan. Selain itu, harus ada pemberlakuan ganjil genap di jalan-jalan menuju kawasan wisata mulai Jumat pukul 12.00 s.d Minggu pukul 18.00.

Penerapan kebijakan ganjil genap tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat meninjau penerapan kebijakan ganjil-genap bersama dengan Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Simpang Gadog, Puncak, Jawa Barat, Sabtu (18/9).

Baca Juga: Pusat Data Pemkab Batang Hari Belum Memenuhi SNI, Seperti Ini Kondisinya

Dikeluarkannya Peraturan Menhub terkait kebijakan ganjil-genap di kawasan wisata ini tidak hanya di Puncak, tapi juga di kawasan wisata lainnya di Indonesia. Kebijakan tersebut diberlakukan selama penerapan PPKM.

Munhub meminta kepada Korlantas, Pemda, Ditjen Perhubungan Darat dan BPTJ untuk berkoordinasi untuk menjalankan kebijakan ganjil genap ini dengan baik.

Baca Juga: Imam Abu Hanifah Menolak Jabatan dari Khalifah dan Meninggal di Penjara

Menhub menyampaikan, penanganan Covid-19 di Indonesia sudah menjadi salah satu yang paling baik di Asia. Oleh karenanya, kondisi tersebut perlu dijaga, jangan sampai euforia penurunan angka kasus positif Covid-19 ini membuat lengah.

"Presiden berulang-ulang mengatakan, jangan senang dulu dengan hasil baik yang sudah kita capai. Kita harus menyiapkan diri masuk ke masa Endemi. Endemi adalah konsep berdampingan dengan Covid-19, namun dengan menjaga prokes dan tetap produktif,” kata Menhub.*

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Kepada Guru Honorer yang Lolos Seleksi PPPK

Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:51 WIB
X