• Jumat, 20 Mei 2022

Mitos atau Fakta? Kedutan di Mata Adalah Pertanda!

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 18:37 WIB
Mata kedutan adalah pertanda, mitos atau fakta? (Dok.pexels.com/AlexanderKrivitskiy)
Mata kedutan adalah pertanda, mitos atau fakta? (Dok.pexels.com/AlexanderKrivitskiy)

Klikanggaran.com – Pembaca pasti tidak asing dengan kepercayaan sebagian orang bahwa kedutan di sebelah mata adalah pertanda akan terjadi sesuatu dalam hidup kita. Ada juga yang mengatakan bahwa itu pertanda lain. Pertanyaannya, ini mitos atau fakta, ya?

Bahkan oleh sebagian masyarakat, kondisi ini dikaitkan dengan hal-hal mistis. Katanya, kedutan di satu bagian mata adalah pertanda atas kondisi yang akan terjadi di masa depan. Mitos ini terus bergulir dan berakar dengan kuat di sebagian masyarakat.

Jadi yang benar bagaimana? Kedutan di mata adalah pertanda akan terjadinya sesuatu ini mitos atau fakta? Para dokter di layanan online, baik halodoc maupun yang lain menuliskan, mata kedutan terjadi akibat adanya saraf kelopak mata bagian atas yang menegang dan kejang.

Baca Juga: Tidak Didukung Fasilitas Memadai, BB KPK Berpotensi Disalahgunakan?

Di balik mitos yang bergulir di masyarakat, ada fakta bahwa kedutan disebabkan oleh sebab medis. Dokter mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan kita mengalami kedutan pada mata sebelah kiri atau kanan.

Mata lelah bisa berakibat pada kedutan. Biasanya, mata kiri kedutan akibat aktivitas yang dijalani setelah seharian penuh. Menggunakan mata untuk bekerja di depan layar komputer atau gawai setiap harinya dapat membuat mata kelelahan.

Mata yang kelelahan mengalami kedutan akibat saraf mata yang menegang. Kurang tidur juga meningkatkan risiko mengalami mata kedutan. Memenuhi kebutuhan istirahat dapat menghindari Anda dari berbagai gangguan kesehatan.

Baca Juga: Uber Indonesia Kembali Gagal Masuk Semi Final, Disingkirkan Thailand 2-3, Mengulang Kegagalan Piala Uber 2018

Penyebab lain adalah kurangnya asupan nutrisi. Biasanya, kita lalai memperhatikan asupan nutrisi yang kita konsumsi ketika kita mengalami kedutan pada bagian mata kiri. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman mengandung kafein membuat risiko saraf mata menegang yang berdampak pada kedutan mata.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kafarat Jima' di Siang Hari pada Bulan Ramadhan

Jumat, 29 April 2022 | 08:42 WIB

Ramadan dan Penguatan Kohesi Sosial

Jumat, 8 April 2022 | 13:27 WIB
X