• Rabu, 1 Desember 2021

Kekuatan Militer Indonsia Berada di Peringkat 1 ASEAN, Bukti Kinerja Menhan Prabowo?

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:20 WIB
Prabowo mengikuti Video Conference Takbir Akbar Hari Raya Idul Adha 1442 H bersama Presiden RI dan Para Menteri Kabinet Indonesia Maju (Instagram/@prabowo)
Prabowo mengikuti Video Conference Takbir Akbar Hari Raya Idul Adha 1442 H bersama Presiden RI dan Para Menteri Kabinet Indonesia Maju (Instagram/@prabowo)

KLIKANGGARAN-- Global Firepower dalam "2021 Military Strength Ranking" menempatkan kekuatan militer Indonesia berada pada peringkat ke-16 dari 140 negara di dunia.

Kekuatan militer Indonesia memperoleh skor 0,2684, sementara Amerika Serikat berada di peringkat teratas dengan skor 0,0718. Sistem pemeringkat yang dipakai adalah makin kecil skornya makin tinggi peringkatnya.

Dengan skor 0,2684 itu, kekuatan militer Indonesia menjadi kekuatan terbaik pertama di Asia Tenggara.

Setelah kekuatan militer Indonesia, Vietnam yang memperoleh skor 0,4189 berada di posisi ke-2, lalu kekuatan militer Thailand berada di urutan ke-3, Myanmar di posisi ke-4, Singapura berada di peringkat ke-5, Malaysia berada di peringat ke-6, Filipina berada diperingkat ke-7, Kamboja berada diperingkat ke-8, dan Laos dengan skor di urutan ke-9.

Baca Juga: Uber Indonesia Kembali Gagal Masuk Semi Final, Disingkirkan Thailand 2-3, Mengulang Kegagalan Piala Uber 2018

Sepertinya, prestasi kekuatan militer Indonesia tersebut berkorelasi dengan kinerja Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Wakil Ketua DPR Fraksi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan prestasi tersebut patut diapresiasi dan bukti bahwa Prabowo Subianto all out bekerja memperkuat pertahanan Indonesia.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan di bawah Prabowo Subianto di saat yang sama juga terus melakukan upaya modernisasi alutsista, juga berupaya memperbesar dan memperkuat TNI melalui pembentukan komponen cadangan TNI yang ditetapkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu," kata Dasco dalam keterangannya, Kamis (14/10), sebagaimana dikutip detik.com.

Baca Juga: Tidak Didukung Fasilitas Memadai, BB KPK Berpotensi Disalahgunakan?

Sebagai catatan, lanjut Dasco, Prabowo baru saja membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis frigate tipe arrowhead dari Inggris yang dapat memperkuat Indonesia dalam menghadapi ancaman yang terus berkembang, termasuk di Laut Natuna Utara.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: detik.com, globalfirepower.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oleh-oleh Kunjungan Yaqut Cholil Qoumas ke Arab Saudi

Senin, 29 November 2021 | 13:41 WIB

Geram! Jokowi Klaim Pernah Tegur Keras Dirut Pertamina

Senin, 22 November 2021 | 12:44 WIB

Di Mata KPK, Kemensos Adalah Kementerian yang Strategis

Selasa, 16 November 2021 | 20:03 WIB

Fatwa MUI: Perdagangan Kripto Adalah Haram

Jumat, 12 November 2021 | 16:47 WIB
X