• Selasa, 16 Agustus 2022

Pernah Denger Lagu Genjer-Genjer? Ini Fakta Tak Terduga di Balik Genjer

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 10:34 WIB
Fakta menarik di balik genjer (Dok.pertanianku.com)
Fakta menarik di balik genjer (Dok.pertanianku.com)

Jakarta, Klikanggaran.com – Sabtu pagi yang cerah ketika beberapa ibu muda berbincang sambil berbelanja di tukang sayur keliling. Awalnya mereka membahas sayur genjer yang dihubungkan dengan lagu Genjer-Genjer, kemudian berkembang ke manfaat genjer bagi kesehatan.

Ibu muda pertama, sebut saja Hani, bertanya pada tukang sayur, apakah menjual sayur genjer. Tukang menjawab tidak ada, kemudian menyanyikan lagu Genjer-Genjer.

Ibu muda kedua, sebut saja Rina, spontan tertawa sambil mengatakan dia tak asing dengan lagu itu, karena neneknya sering menyanyikannya. Perbincangan pun berkembang ke ranah kesehatan.

Baca Juga: Pastikan Prokes Berjalan Ketat, Kapolri Cek Venue PON XX Papua 2021

Iya, genjer adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Sementara "Genjer-Genjer" adalah lagu populer berbahasa Osing yang diciptakan oleh seniman asal Banyuwangi bernama Muhammad Arief pada tahun 1940-an.

Pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966), Partai Komunis Indonesia (PKI) melancarkan kampanye besar-besaran untuk meningkatkan popularitas. Lagu ini digunakan untuk menggambarkan penderitaan warga desa, kemudian menjadi salah satu lagu propaganda yang disukai dan dinyanyikan pada berbagai kesempatan. Akibatnya, orang mulai mengasosiasikan lagu ini sebagai "lagu PKI".

Kembali ke fakta di balik genjer. Diketahui bahwa ternyata sayuran genjer kaya akan berbagai kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu nutrisi tersebut adalah kalium atau potasium.

Baca Juga: Ingat Ya! Novel Baswedan Klaim Tinggalkan KPK dengan Berbagai Prestasi

Perlu diketahui, mineral tersebut memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta mengatakan, tanaman genjer kaya akan kandungan energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan mineral.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X