• Jumat, 20 Mei 2022

Kopi Hilangkan Efek Samping Setelah Vaksin, Fakta atau Mitos?

- Sabtu, 25 September 2021 | 16:13 WIB
Konsumsi kopi setelah vaksin aman dilakukan (Dok.klikanggaran.com/KR)
Konsumsi kopi setelah vaksin aman dilakukan (Dok.klikanggaran.com/KR)

Jakarta, Klikanggaran.com – Beberapa hari lalu seorang teman merasakan efek samping lumayan berat setelah vaksin. Teman lain mengatakan, hal itu karena dia minum kopi setelah vaksin.

Memang, beberapa orang mengatakan hal yang sama. Katanya, kopi membawa dampak buruk jika diminum setelah vaksin. Untuk mengecek kebenarannya, teman ini pun berkonsultasi ke dokter.

Dan, ternyata hal itu hanya mitos belaka, karena tidak terbukti kebenarannya. Dokter mengatakan, justru kopi baik diminum setelah vaksin. Pascavaksin sangat penting untuk lebih banyak istirahat agar efek samping yang terjadi dapat diminimalisir.

Baca Juga: Berbeda Pendapat dengan MUI, Gus Mus Anggap Korupsi Masjid Sriwijaya Hal Biasa

“Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Konsumsi kopi di pagi dan sore hari serta tidur yang cukup dapat membuat kamu terhindar dari efek samping vaksin. Sistem imunitas tubuh yang tetap maksimal sangat penting untuk menjaga diri dari infeksi yang disebabkan oleh virus corona,” kata teman ini menirukan dokternya.

Saya pun ingin memastikan kebenaran dari cerita ini dan mencari informasi via dokter online. Seorang dokter, dr. Fadhli Rizal Makarim, melalui laman resmi Halodoc, merekomendasikan bahwa kopi aman dikonsumsi setelah vaksin. Berikut penjelasannya:

Salah satu cara yang kerap dilakukan setelah vaksin adalah minum kopi. Cara ini dipercaya agar tubuh kembali bugar, sehingga dapat beraktivitas kembali.

Baca Juga: Diduga Cemarkan Nama Baik, Wabup Bojonegoro Polisikan Bupati Anna

Kopi adalah minuman yang kerap dikonsumsi di pagi hari untuk menjaga konsentrasi agar aktivitas lancar. Selain itu, kopi juga kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh. Seperti zat antioksidan untuk menjaga imunitas tubuh.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kafarat Jima' di Siang Hari pada Bulan Ramadhan

Jumat, 29 April 2022 | 08:42 WIB

Ramadan dan Penguatan Kohesi Sosial

Jumat, 8 April 2022 | 13:27 WIB
X